Fadli Zon Minta Jokowi Usut Monopoli Kepemilikan Tanah di RI

Wakil Ketua Umum Gerindra dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku sehati dengan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, yang mengkritisi aksi bagi-bagi sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo. Pembagian ini diharapkan jangan sekadar seremonial belaka.

Cek Fakta: Gibran Mengatakan Pemerintah Sudah Bagikan 110 Juta Sertifikat Tanah

"Harus kita lihat ini jangan sekadar ceremony, seolah ada bagi-bagi," kata Fadli, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 19 Maret 2018.

Menurut  Fadli, pemerintah seharusnya pada saat ini melakukan suatu audit penguasaan tanah yang lebih besar. Khususnya terhadap perusahaan atau individu yang memonopoli berhektare-hektare tanah di Indonesia.

Sertifikat Tanah Elektronik Minimalisir Mafia Tanah, Kata Menteri Hadi

"Perusahaan bahkan individu-individu bisa mempunyai puluhan ribu hektare, ratusan ribu hektare, bahkan jutaan hektare. Ini menurut saya enggak benar," ujar dia.

Fadli menjelaskan monopoli tanah ini menyebabkan masalah dalam kepemilikan tanah di masyarakat. Dia juga berharap pungutan liar dalam sertifikasi tanah bisa diatasi. "Jadi masyarakat memang membutuhkan tanah," kata Fadli.

Selamatkan Aset BMD dan BUMN, Menteri ATR/BPN Serahkan 305 Sertifikat Tanah di Lampung

Sebelumnya, Amien menilai cara Jokowi dengan membagi-bagikan sertifikat itu masih belum bisa menuntaskan permasalahan soal kepemilikan lahan. Dia pun menduga 74 persen tanah di negeri ini dimiliki kelompok tertentu.

Menteri AHY di Markas Polda Jatim di Surabaya.

Menteri AHY Bongkar 2 Kasus Mafia Tanah Bernilai Miliaran di Jawa Timur

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan adanya kasus mafia tanah di Jawa Timur bernilai miliaran rupiah

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024