KPK Tak Peduli dengan Pembelaaan Setya Novanto

Topeng terdakwa dugaan kasus korupsi KTP Elektronik, Setya Novanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak peduli dengan nota pembelaan atau pleidoi yang dibacakan mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto. Bagi jaksa KPK, yang disampaikan Novanto di dalam pledoi pribadinya, bukan alasan pembenaran bagi KPK untuk memberikan status justice collaborator (JC) buat dia.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, status JC yang diajukan Novanto sudah dipertimbangkan dan ditolak.

"Dan mengenai JC yang diajukan Setya Novanto sudah kami pertimbangkan di tuntutan sudah kami sebutkan JC tidak dapat dikabulkan. Karena dasarnya kita tahu dia tak mengakui perbuatannya. Syarat JC juga kan buka peran pihak lain dan beri keterangan yang signifikan. Dan kita tau itu tidak dilakukan," kata Febri, Minggu, 15 April 2018.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Menurut dia, meski permohonan JC kembali muncul dalam pledoi Novanto, itu menjadi ranah majelis hakim yang mempertimbangkan putusannya. Kendati begitu, kata Febri, KPK melihat bahwa Novanto sampai pledoi dibacakannya, belum ada pengakuan turut melakukan korupsi proyek e-KTP.    

"Memang yang bersangkutan (Novanto) berhak membela diri. Namun kita tidak melihat pengakuan di sana dan tidak ada keterangan yang seluas-luasnya, jadi sudah ditolak," kata Febri.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Diketahui, dalam nota pembelaan pribadi, Setya Novanto membantah Jaksa penuntut KPK yang menyebutnya telah mengintervensi dugan korupsi proyek e-KTP. Novanto juga membantah menerima uang sebesar US$7,4 juta secara langsung atau tidak langsung.

Namun, mantan Ketua Umum Golkar itu menyampaikan permintaan maaf terhadap KPK dan jaksa bila dinilai tak kooperatif. (mus)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024