DPR: 600 Ribu Lulusan Universitas Jadi Pengangguran

Lulusan perguruan tinggi
Sumber :
  • http://www.gomuda.com

VIVA - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian menyebut masih banyak lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang tidak dapat diterima di dunia kerja. Hal itu disebut sebagai salah satu tantangan dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini.

Lebih Rendah dari Sebelum Pandemi, BPS Catat Pengangguran di Indonesia Turun Jadi 7,2 Juta Orang

"Jika merujuk data Badan Pusat Statistik, pada Agustus 2017, sejumlah 242.937 orang lulusan diploma atau 3,47 persen dan 618.758 lulusan universitas atau 8,83 persen menjadi pengangguran terbuka," kata Hetifah dalam pemaparannya, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

"Dengan kata lain tidak terserap pasar tenaga kerja," tambahnya.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

Kemudian, Hetifah juga menyebut tantangan yang kedua yakni masalah guru dan tenaga kependidikan. Khususnya setelah pengalihan kewenangan sekolah tingkat SMA dan SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi.

"Jika perlu, Komisi X DPR RI menjajaki dan mengusulkan adanya UU Perlindungan Guru," ujar Hetifah.

Kelas Menengah Tiongkok Dalam Kecemasan

Tantangan terakhir yakni soal kesenjangan pendidikan yang masih terlihat, terutama di daerah pedalaman, perbatasan dan pulau-pulau terluar. Hal itu menurutnya terlihat dari pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang baru dilaksanakan.

"Kami masih mendapati infrastruktur belum merata, dan beberapa sekolah masih terkendala dalam pelaksanaan UNBK," kata politikus Partai Golkar ini. (ase)

Petugas KPPS di TPS Valentine, Denpasar

Pengangguran RI Turun karena Ada Rekrutmen PPPK hingga Petugas KPPS Pemilu

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, administrasi pemerintahan pada Februari serap tenaga kerja tinggi hingga mengurangi pengangguran.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024