Bela Palestina, PKS Utus Delegasi ke Kedubes AS

PKS datangi Kedubes AS
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perwakilan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR mendatangi Kedutaan Besar Amerika Serikat di Gambir, Jakarta, Rabu 9 Mei 2018. Aksi ini sebagai sikap protes menyikapi pemindahan kantor kedutaan AS di Israel ke Yerusalem.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

"Kita ingin tegaskan bahwa keluarga besar PKS dan seluruh rakyat Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina lepas dari kezaliman penjajahan Israel," kata Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini.

Menurut Jazuli, pemindahan kantor Kedubes AS  yang rencananya diresmikan 14 Mei 2018 itu mengabaikan protes dunia dan hasil voting Majelis Umum PBB. Kebijakan ini juga dinilai memperlihatkan sikap keras Presiden AS Donald Trump.

"Kedatangan kami ke Kedubes AS untuk menyampaikan penolakan atas rencana peresmian Kedubes AS di Yerusalem. Ini berarti pemerintah AS tidak mengindahkan protes dunia, termasuk hasil voting Majelis Umum PBB yang mayoritas menolak klaim Yerusalem sebagai ibukota Israel," jelas Jazuli.

Sementara, Sekretaris Fraksi PKS Sukamta mengkhawatirkan peresmian kedubes AS di Yerusalem akan memicu babak baru konflik di Palestina. Bahkan, juga menurutnya bisa meluas di kawasan Timur Tengah.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

"Sikap AS yang keras kepala ini akan merusak hubungan antara AS dengan dunia Islam.  Amerika akan menanggung rasa marah umat Islam se-dunia atas sikapnya ini," kata Sukamta.

Jika AS tetap melaksanakan peresmian, Sukamta berharap Pemerintah RI agar memasang bendera setengah tiang di PBB dan seluruh kantor kedubesnya di berbagai negara. Pemerintah RI diminta juga mengeluarkan nota protes kepada AS bila tetap melaksanakan peresmian. Kata dia, massa kader PKS juga mengancam akan ada demo besar lagi di depan Kedubes AS di Jakarta.

"Kita berharap Dubes AS Pak Joseph R Donovan sampaikan protes kami ini ke Presiden Trump. Jika AS paksakan kehendaknya, Pak Dubes akan melihat setiap hari akan ada demonstrasi di seluruh daerah di Indonesia dan di kantor kedubes AS," ujar dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya