Gempa Guncang Blora, Warga Sempat Panik

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 3,6 Skala Richter mengguncang Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Menurut hasil analisis BMKG, episentrum gempa bumi terjadi di koordinat 7,01 Lintang Selatan dan 111,28 Bujur Timur tepatnya berlokasi di darat yaitu 14 Kilometer Barat Daya Kota Blora dengan kedalaman 8 Kilometer.

Waspada! 9 Orang Meninggal Dunia Akibat DBD di Blora

"Dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Ngawen, Tambahrejo, Kunduran, Dersemi dan Japah," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono melalui rilis pers.

Hingga saat ini disebutkan BMKG belum ada tanda-tanda yang menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Gempa tersebut dikategorikan gempa dangkal akibat sesar lokal.

"Jika ditinjau lokasi episenternya, pusat gempa bumi ini lokasinya berada di sebelah utara zona sesar Kendeng, namun demikian perlu ada kajian lebih lanjut," kata dia lagi.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Diketahui pada saat gempa terjadi, Sabtu 12 Mei 2018 sekitar pukul 16.59.37 WIB membuat warga sempat berhamburan keluar dari rumah. Namun hingga saat ini diketahui belum ada korban dan laporan kerusakan akibat gempa Blora yang berkekuatan relatif tidak kuat itu.
 

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024