Bahayanya Stigmatisasi, Ustaz Abdul Somad Angkat Bicara

Ustaz Abdul Somad saat ceramah di Riau beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ali Azumar (Pekanbaru)

VIVA – Ustaz Abdul Somad menyayangkan adanya tindakan stigmatisasi terhadap orang-orang yang dianggap identik dengan terorisme, karena penampilan mereka. Apalagi, menurut ustaz Somad, atribut seperti cadar, janggut, dan lainnya memang disarankan dalam agama Islam. 

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Karena itu Ustaz yang sedang kondang ini menyarankan agar masyarakat lebih bijak dan tak "terperangkap" stigmatisasi. Hal tersebut, disampaikannya menyusul viralnya video seorang perempuan yang disebut diturunkan dari bus dan diketahui bahwa perempuan itu menggunakan cadar.

Belakangan disebutkan bahwa ternyata dia merupakan santriwati yang melarikan diri dan sedang kebingungan. Belakangan, ada video soal pria bersarung yang tak kooperatif saat diperiksa.

Kesalahan Ini Banyak Dilakukan Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

"Simbol-simbol Islam ini dan bila orang Islam sendiri tak memahami, maka perlu diberi penjelasan," kata Ustaz Abdul Somad melalui sambungan telepon di acara Apa Kabar Indonesia Malam di tvOne, Selasa 15 Mei 2018.

Somad juga menjelaskan perlunya peran ulama sebagai figur berpengaruh untuk mengarahkan masyarakat dan tak gampang berprasangka.

Sudah Bertaubat Apakah Dosa Masa Lalu Tetap Dihisab? Ini Penjelasan UAS

"Kita jadikan masyarakat yang smart dan tidak mudah terikut jalan. Kalau dia tahu jalan, maka tak akan mudah disesatkan," lanjut Ustaz Abdul Somad alias UAS.

Dalam kesempatan yang sama, Politikus PKS Hidayat Nur Wahid juga mengingatkan agar jangan kejadian terorisme membuat kelompok tertentu menjadi pihak tertuduh.

"Orang yang tak punya bukti dia bersalah ya jangan dianggap bersalah. Hakikat Islam dan umat Islam misal bercadar, tak serta-merta kelompok yang berafiliasi dengan kepentingan kekuasaan," kata Hidayat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya