Menteri Akui Kapal Karam di Danau Toba Jadi PR Kemenhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto.

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berterus terang bahwa musibah Kapal Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, menjadi pekerjaan khusus bagi kementeriannya.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Kecelakaan kapal dengan banyak jumlah korban hilang itu, katanya, menjadi pengingat bagi pemerintah untuk membenahi sistem transportasi di kawasan setempat menuju pulau Samosir.

"Kita turut prihatin atas kejadian tersebut. Dengan adanya hal ini membuat PR (pekerjaan rumah) bagi kita untuk berbenah. Nantinya akan ada penambahan kapal ferry sebanyak dua dengan kerja sama pada pihak swasta untuk membenahi ini," katanya saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada Selasa, 19 Juni 2019.

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

Hal itu dilakukan untuk mengatasi jumlah kapasitas yang kerap melebihi batas sehingga membahayakan para wisatawan. Ia pun melarang perjalanan kapal yang melebihi kapasitas.

"Wisatawan untuk ke pulau Samosir ini kian hari kianlah meningkat. Tentunya harus dipadankan dengan transportasi yang memadai. Jangan ketika sudah pas, malah ditambah kapasitasnya yang tidak sesuai demi mengangkut banyaknya wisatawan," ujarnya.

Asupan Mineral Pembalap F1 Powerboat Danau Toba 2024 Terjaga

Mengenai tingkat keamanan, Budi juga mengimbau agar perusahaan pengelola dapat melakukan ramp check disertai dengan fasilitas pelengkap standar seperti pelampung.

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024