Polisi Benarkan Tembak Mati Tiga Terduga Teroris di Kaliurang

Kepala Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)/VIVA.co.id

VIVA – Polisi membenarkan telah terlibat tembak-menembak dengan komplotan terduga teroris di Jalan Kaliurang, Kilometer 9,5, Kaliurang, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, pada Sabtu petang, 14 Juli 2018. Kelompok itu terdiri atas tiga orang dan semua ditembak mati di lokasi.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

“Karena sangat membahayakan nyawa petugas dan masyarakat, maka ketiga terduga teroris terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur yang akibatnya tiga terduga teroris MD (meninggal dunia),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal, melalui keterangan tertulis kepada wartawan pada Sabtu malam.

Menurut Iqbal, aparat yang terlibat dalam kontak tembak itu memang pasukan Detasemen Khusus 88 Antiteror. Mereka memang dikerahkan untuk menanggulangi terduga teroris. Tiga di antara mereka melawan dan berusaha menyerang polisi dengan senjata tajam dan senjata api.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

“Dua petugas Densus mengalami luka-luka di tangan akibat serangan terduga teroris,” kata Iqbal.

Barang bukti yang disita, antara lain empat senjata tajam jenis parang dan satu senjata api jenis revolver beserta beberapa pelurunya. Ketiga jenazah terduga itu sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Yogyakarta.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023