Kena OTT KPK, Zainudin Hasan Dicopot dari Ketua DPW PAN Lampung

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan (tengah) digiring ke Gedung KPK usai kena OTT, Jumat 27 Juli 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Partai Amanat Nasional memecat Zainudin Hasan dari Ketua DPW PAN Lampung. Pencopotan ini karena kasus operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus suap yang menjerat Zainudin.

KPK Amankan ASN Sidoarjo Saat OTT Dugaan Korupsi Hari Ini, Siapa Dia?

Keputusan Zainudin tak menjabat Ketua DPW PAN Lampung ini sudah berlaku mulai Senin, 30 Juli 2018.

"Iya per Senin kemarin ya. Ini kan untuk komitmen pemberantasan korupsi. Semua yang berurusan sama KPK dan tindakan kriminal nanti akan dapat sanksi dari parpol," kata Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Faldo Maldini saat dihubungi, Selasa, 31 Juli 2018.

KPK OTT di Sidoarjo soal Pemotongan Isentif Pajak, 10 Orang Termasuk ASN Diamankan

Pengganti Zainudin untuk sementara adalah Irfan Nuranda sebagai Plt Ketua DPW PAN Lampung. Pihak PAN menghormati proses hukum yang dilakukan KPK. "Zainudin yang jelas tidak lagi di Ketua DPW Lampung," ujar Faldo.

Baca: Dicokok KPK, Adik Ketua MPR Punya Tanah di Lampung, Bogor, Jakarta

OTT di Labuhanbatu, KPK Tetapkan 4 Tersangka Salah Satunya Bupati

Sebelumnya, Zainudin dicokok KPK dalam operasi tangkap tangan di Lampung pada Kamis malam. Adik kandung Zulkifli Hasan yang juga menjabat Bupati Lampung Selatan itu dicokok bersama beberapa orang dengan bukti uang tunai yang disita sebesar Rp700 juta.

Dalam kasus ini, Zainudin diduga menerima suap terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Lampung Selatan. (ase)

Ali Fikri KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Penuhi Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, memenuhi panggilan pemeriksaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi, pada hari ini, Jumat, 16 Februari 2024. Ahmad Muhdlor menjadi saksi.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024