Gempa 6,5 SR Guncang Lombok Timur, Warga Panik Berhamburan

Seismograf, alat pendeteksi gempa. (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter kembali  mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 19  Agustus 2018, pukul 11.10 WIB.

Gempa Baru Saja Guncang Lombok

Dilansir tvOne, gempa membuat warga panik berhamburan keluar gedung, di antaranya dari sebuah pusat perbelanjaan di Mataram.

Seorang pegawai toko di sana Ayu mengatakan, merasakan dua kali gempa. Pertama, gempa dirasakan lebih kecil. Sedangkan gempa kedua dirasakan lebih kuat. "Trauma juga, takut kita di lantai dua turun tangga, banyak orang pada berlarian semua, pada ketakutan," ujarnya dalam wawancara dengan tvOne, Minggu, 19 Agustus 2018. 

Gempa Bumi Mengguncang Lombok

Hal senada dikemukakan Ridwan, warga sekitar. Saat itu, dia hendak ke kamar mandi lalu tiba-tiba terjadi gempa. Dia lantas teringat anaknya yang bekerja di sebuah pusat perbelanjaan di sana. Kemudian, dia bergegas ke pusat perbelanjaan. "Saya trauma sekali, anak saya dua orang kerja di sana," ujarnya.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter kembali  mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 19  Agustus 2018, pukul 11.10 WIB. Dilansir laman BMKG, gempa berpusat di 8,4 Lintang Selatan dan 116,6 Bujur Timur, atau tepatnya 32 km Timur Laut Lombok Timur. Gempa berpusat di kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Aktor Hollywood Jack Black Galang Dana untuk Bangun Sekolah di Lombok

Empat menit sebelumnya, gempa juga melanda Lombok. Gempa berkekuatan 5,4 SR mengguncang wilayah itu, pukul 11.06 WIB. Gempa berlokasi di 8,29  Lintang Selatan dan 116,6 Bujur Timur.

Gempa berada di lokasi  25 km Timur Laut Lombok Timur. Gempa berpusat di kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.
 

Warga mengangkat sepeda dari reruntuhan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Lombok Barat, NTB, 2018 lalu.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Jaminan hidup tahap II untuk korban gempa NTB senilai Rp89,36 miliar akan disalurkan pada akhir bulan November 2020.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2020