Gempa 6,9 SR Lombok, 10 Orang Meninggal dan 24 Luka-luka

Dampak gempa susulan yang mengguncang Lombok.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Puluhan orang menjadi korban gempa dengan kekuatan 6,9 Skala Richter yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu malam, 19 Agustus 2018. 

Gempa 7,1 Skala Richter Guncang Filipina dengan Hebatnya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, ada 10 orang meninggal dunia, 24 orang luka-luka, 151 unit rumah rusak, 7 rusak berat, 5 rusak sedang, 139 rusak ringan, dan 6 unit fasilitas ibadah juga rusak. 

"Ini adalah data sementara karena pendataan masih berlangsung. Kendala listrik padam total menyebabkan komunikasi dan pendataan terhambat," kata Sutopo Purwo Nugroho, kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB di Jakarta, Senin, 20 Agustus 2018. 

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Sutopo merinci, dari 10 orang meninggal dunia akibat gempa 6,9 SR berasal dari Kabupaten Lombok Timur 4 orang, Sumbawa Besar 5 orang, dan Sumbawa Barat 1 orang.

"Korban meninggal sebagian karena tertimpa bangunan roboh dan sebagian lagi karena serangan jantung, kaget menerima guncangan gempa yang keras," ujarnya. 

Jokowi Minta Jajarannya Percepat Renovasi Rumah Terdampak Gempa NTB

Hingga saat ini, tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan relawan masih melakukan evakuasi. 

Sebelumnya, gempa itu dikabarkan berkekuatan 7 SR, namun diralat oleh Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi 6,9 SR. 

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Deretan Fakta Gempa Magnitudo 7,1 yang Bikin Panik Warga Lombok

Gempa bumi magnitudo 7,1 terjadi pada Selasa pukul 02.55 WIB. Pusat gempa bumi itu dilaporkan berada di laut pada kedalaman 525 km sekitar 163 km timur laut Lombok Utara

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023