Sedang Ibadah Haji, Kapolri Tunda Pelantikan Tiga Kapolda

Kapolri lantik sembilan Kapolda baru
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik enam kapolda dan kepala Divisi Propam Polri yang baru hari ini, Senin 20 Agustus 2018. Harusnya, ada tiga lagi kapolda yang dilantik, namun belum dilakukan.

Ada Insiden saat Upacara Pelantikan 833 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Sang Mayor Ambruk

Kemudian, harusnya juga posisi kepala Korps Lalu Lintas (kakorlantas), dan asisten SDM Polri dilantik hari ini, namun belum dilakukan. Tito menjelaskan, hal itu ternyata karena beberapa perwira tinggi (Pati) yang bersangkutan sedang menunaikan ibadah haji, alhasil itu, pelantikan diundur pada September 2018.

"Sementara ini, kapolda Jawa Timur, kapolda Maluku, dan asisten SDM sedang melaksanakan haji," ucap Tito di ruang rapat utama Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta Selatan, Senin 20 Agustus 2018.

Anggota Brimob, Ingat Baik-baik Pesan Kapolri Ini

Selanjutnya, posisi kakorlantas baru juga belum dilantik hari ini, lantaran masih berlangsungnya Asian Games 2018. Tito merasa masih butuh Kakorlantas yang lama, yakni Irjen Pol Royke Lumowa untuk menuntaskan agenda Asian Games 2018, karena dari awal sudah ditanganinya.

"Ada beberapa tugas kapolda Maluku karena kakorlantasnya sedang melaksanakan Asian Games, pengamanan. Saya memerlukan mereka di sini dulu," tutur Tito.

Mardi Sihombing Tak Menyangka, Ikut Vaksin Dapat Motor dari Kapolda

Posisi yang juga sertijabnya ditunda karena naik haji adalah, Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Rachmat Mulyana yang akan menjabat sebagai Sahlisosek Kapolri. Jabatan Kapolda Kalsel nantinya akan dijabat Irjen Pol Yazid Fanani yang sebelumnya Pati Baintelkam Polri. Kemudian, Asisten SDM Polri akan dijabat Brigjen Pol Eko Indra Heri.

Kapolda Maluku nanti akan diemban oleh Irjen Pol Royke Lumowa yang sebelummya menjabat kakorlantas Polri. Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Mahfud Arifin dimutasi sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisinya nanti akan ditempati Irjen Pol Luki Hermawan yang sebelumnya wakabaintelkam Polri.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menghadiri pelantikan anaknya jadi perwira TNI

Edy Rahmayadi Bangga Anaknya Dilantik Jadi Perwira TNI AD: Sudah Khatam Saya

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama istrinya, Nawal Lubis menghadiri pelantikan anaknya, Gilang Prasetya Rahmayadi jadi perwira TNI oleh Presiden Jokowi di Istana Negara

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2023