Kasus PLTU Riau-1, KPK Kembali Panggil Dirut PT Pertamina

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati (kedua kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Direktur Utama PT Pertamina Persero, Nicke Widyawati, hari ini. Dia rencananya diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Bos Pertamina Beberkan Alasan Tahan Harga BBM di saat Kompetitor Naik

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Nicke akan diperiksa dalam kapasitas sebagai mantan direktur perencanaan PT PLN. Dia akan diperiksa terkait penyidikan dua tersangka sekaligus, yakni Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham.

Selain Nicke, KPK juga memanggil satu saksi lainnya, yakni Bos PT Borneo Lumbung Energi dan Metal, Samin Tan. Pemanggilan keduanya merupakan penjadwalan ulang karena pada panggilan sebelumnya mereka tidak datang.

Tambah 2 Kapal Tangker Raksasa, Pertamina Siap Pasok Energi ke Penjuru Negeri hingga Dunia

"Hari ini direncanakan penjadwalan ulang dua saksi dalam kasus PLTU Riau-1 untuk tersangka EMS dan IM yaitu, Nicke Widyawati dan Samin Tan," kata Febri lewat pesan singkat, Kamis, 13 September 2018.

Menurut Febri, pihaknya membutuhkan keterangan dari keduanya untuk merampungkan berkas perkara skandal proyek investasi senilai 900 dolar AS itu. "Keterangan kedua saksi itu dibutuhkan dalam penyidikan yang sedang berjalan," kata Febri.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Sejauh ini, pada perkara itu, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka. Ketiganya yakni Wakil Ketua Komisi VII, Eni Maulani Saragih, bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes B Kotjo, dan mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham.

Eni diduga bersama-sama Idrus menerima hadiah atau janji dari Kotjo, sebesar Rp6,25 miliar, untuk memuluskan perusahaan Kotjo menggarap proyek PLTU Riau-1. (mus)
 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, dalam forum internasional di sektor energi CERAWeek di Houston, Amerika Serikat [dok. Humas Pertamina].

Dirut Pertamina Ungkap Strategi Pertumbuhan Ganda di Forum CERAWeek

Pertamina menerapkan strategi pertumbuhan ganda untuk mempertahankan kebutuhan energi nasional sambil berupaya mengembangkan bisnis rendah karbon.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024