Terhempas Ombak, Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Pati

Basarnas memberangkatkan regu pencari nelayan hilang di Perairan Pati, Jateng.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto.

VIVA - Sebuah kapal nelayan pencari ikan tenggelam setelah dihempas ombak di Perairan Banyutuwo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu, 15 September 2018. Satu orang nelayan dikabarkan hilang tersapu ombak.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

Kecelakaan laut itu terjadi sekitar pukul 06.30 WIB. Kapal dengan nama 'Nusantara' itu diawaki oleh delapan anak buah kapal (ABK) dan berangkat melaut sekitar pukul 03.00 dini hari tadi.

"Saat kapal cantrang itu lepas jaring, tiba-tiba kapal dihantam ombak besar sehingga pecah dan tenggelam," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara, Whisnu Yugo Utomo.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

Dari delapan nelayan, tujuh orang ABK berhasil menyelamatkan diri. Sementara, satu nelayan atas nama Surip (51) tahun, warga Kedawung, Pati, masih hilang terbawa ombak. Tujuh ABK selamat berhasil dievakuasi oleh kapal cantrang lain di lokasi kejadian.

"Kondisi para korban selamat saat ini dalam keadaan belum sadar. Kami evakuasi di rumah sakit di Pati," katanya.

Kapal Pengangkut Belasan Kendaraan Tenggelam di Sungai Kayan Bulungan

Basarnas Pos SAR Jepara bersama tim gabungan dari BPBD, Polair, Polsek dan Koramil Pati kini masih melakukan pencarian terhadap satu korban hilang. Penyisiran dilakukan dengan rubber boat di lokasi tenggelam ke arah timur. Namun hingga petang, korban masih belum bisa ditemukan.

"Kondisi gelombang saat ini masih tinggi mencapai 0,5 sampai 1,5 meter. Sementara cuaca berawan dan arah angin dari timur laut menuju tenggara mencapai 4 sampai 15 knots," ujarnya.

Basarnas mengevakuasi jenazah korban tenggelamnya kapal

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Tim SAR merilis identitas 6 penumpang kapal yang tewas di Perairan Tanjung Burung, Kabupaten Maluku Utara.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022