7.000 Guru Honorer Garut Mogok Massal, Penuhi Jalan

Ribuan guru honorer se-Kabupaten Garut, Jawa Barat, mogok mengajar dan berunjuk rasa di halaman gedung DPRD setempat pada Selasa, 18 September 2018.
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Ribuan guru honorer se-Kabupaten Garut, Jawa Barat, mogok mengajar dan berunjuk rasa di halaman gedung DPRD setempat pada Selasa, 18 September 2018. Mereka menuntut surat keputusan penugasan guru honorer dan mengangkat kepala definitif Dinas Pendidikan.

Petugas Hentikan Ambulans yang Ternyata Digunakan Pemudik untuk Pulang Kampung

Para guru honorer yang diperkirakan mencapai 7.000 orang itu datang secara bergerombol dari tiap-tiap kecamatan di Garut. Mereka memenuhi kompleks Pemerintah Kabupaten.

Secara umum, tuntutan para guru honorer itu ialah diangkat atau ditetapkan sebagai guru sehingga mereka sah dan diakui sebagai pengajar. Begitu pula bayaran atau honor yang mereka terima yakni uang yang dianggarkan oleh pemerintah setempat.

Tanpa Bulan Madu, RM Gelar Pernikahan Lalu Kembali Masuk Bui

"Kemarin yang membuat kami kecewa, guru honorer disebut sebagai guru ilegal," kata Makmun, koordinator aksi demonstrasi itu, dalam orasinya di hadapan massa pengunjuk rasa.

Tujuh Ribu Guru Honorer Garut Mogok Massal, Tumplak di Jalan-jalan

Rosemary dan Bintang Lainnya Meriahkan DCDC Ngabuburit Extra

Para guru, katanya, menyadari bahwa mereka telah meninggalkan tugas mengajar selama berunjuk rasa itu. Namun mereka berkomitmen menggantinya di hari lain sehingga para siswa tetap mendapatkan pelajaran.

Hingga berita ini dipublikasikan, belum ada pejabat Pemerintah Kabupaten Garut yang menerima perwakilan pengunjuk rasa. Perwakilan guru honorer secara bergantian berorasi di halaman gedung DPRD.

Proses ekshumasi diduga korban penganiayaan

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Makam pria di Kampung Sayuran Desa Barusuda, Kecamatan Cigedug Jawa Barat terpaksa dibongkar atau ekshumasi oleh aparat Kepolisian Polres Garut. Kematian pria itu janggal

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024