Gatot Tantang Nobar Film G30S/PKI, Wiranto: Sudah Dijawab Panglima TNI

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto irit komentar soal tantangan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo terkait ajakan nonton bareng film G30S/PKI.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Tantangan Gatot ditujukan kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono agar menginstruksikan seluruh prajurit TNI nonton film G30S/PKI.

"Sudah ada kebijakan. Itu kan imbauan Pak Gatot, sudah dijawab Panglima TNI. Enggak usah saya jawab lagi," kata Wiranto di kantor Menkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 28 September 2018.

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Wiranto menyampaikan pernyataannya juga untuk menjawab sejumlah elite yang berharap pemerintahan Jokowi agar mengeluarkan imbauan menonton film G30S/PKI. Salah satu yang melontarkan kritikan adalah politikus Priyo Budi Santoso.

"Kalau semua kekecewaan kita tanggapi ya, maka di negeri ini banyak kekecewaan juga. Tapi tentunya tugas Kemenkopolhukam tidak menanggapi kekecewaan publik. Tapi menerima kekecewaan itu dalam bentuk kemudian kita diskusikan," ujarnya.

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Kemudian, ia menekankan ada hal lebih penting yang harus diurus pemerintah. Menurutnya, semua kekecewaan yang bukan karena kebijakan pemerintah harus direspons.

"Kita olah apakah kekecewaan itu akibat kebijakan pemerintah yang memang perlu diperbaiki. Apakah kepentingan pribadi masing-masing atau kelompok yang tak terpenuhi. Itu semua kan ada alasannya. Semua tentu kita, kecewa dan tidak, itu urusan mereka." (mus)

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara kenaikan pangkat Pati TNI

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

29 Pati TNI itu terdiri dari 21 Pati TNI AD, 4 Pati TNI AL, dan 4 Pati TNI AU

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024