Hari Batik Nasional, TNI Pecahkan Rekor Muri Membatik dengan Canting

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanjo.
Sumber :
  • Anwar Sadat/VIVA.co.id

VIVA – Untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober, dan Hari Ulang Tahun ke-73 TNI, Markas Besar (Mabes) TNI melakukan aksi pemecahan rekor MURI membatik dengan canting yang diikuti sebanyak 5.000 peserta. Kegiatan ini dilakukan di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa pagi, 2 Oktober 2018.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanjo mengatakan, pemecahan rekor Muri membatik dengan canting juga dilakukan sebagai wujud syukur masih dilestarikannya budaya Indonesia yang diakui dunia.

"Semua ini dilakukan sebagai wujud kecintaan kita akan Batik, budaya kita. Batik merupakan budaya Indonesia yang diturunkan sejak ratusan tahun yang lalu," kata Hadi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa 2 Oktober 2018

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Menurut Hadi, Batik Tulis telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Maka dari itu Indonesia harus bangga dengan budaya Batik di Tanah Air.

"Pagi ini kita bangga dengan membatik dengan canting," ujarnya.

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Pria yang pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan udara ini juga mengenakan batik saat memecahkan rekor tersebut. Dia menyebut batik yang digunakan adalah Batik Tentara. Hadi mengatakan, kegiatan ini juga sebagai perwujudan dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia. 

"Saat ini saya gunakan batik, Batik Tentara. Keunikan dan kekhasan yang harus kita jaga," ujarnya.

Pemecahan rekor Muri membatik dengan canting melibatkan 5.000 orang ibu-ibu, yang terdiri atas Dharma Pertiwi, beserta unsurnya yakni Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini, dan IKKT Pragati Wira Anggini.

Selain itu, diramaikan ibu-ibu Bhayangkari, ibu-ibu dari Dharma Wanita kementerian dan lembaga, ibu-ibu dari Majelis Taklim, dan unsur-unsur wanita lainnya.

Kegiatan ini mengambil tema "Dharma Pertiwi Membatik, Perekat Kebhinnekaan Nusantara". Turut hadir dalam kegiatan itu para kepala staf angkatan dan pejabat tinggi TNI. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusjarah TNI yang dipimpin oleh Kapusjarah Brigjen TNI Darwin Haroen selaku ketua penyelenggara bekerja sama dengan Anne Avanti Manajemen, yang bertujuan untuk mewujudkan jiwa nasionalisme dengan memperkenalkan seni dan budaya membatik. 

Acara ini juga dimeriahkan oleh artis-artis ibu kota seperti Krisdayanti, Vina Panduwinata, Harvey Malaiholo, Judika, Maya Hasan, dan Cinta Laura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya