TNI Kawal Bantuan SUN tvOne untuk Korban Gempa Palu

Pengiriman bantuan untuk korban bencana Palu oleh tim Yayasan Satu Untuk Negeri tvOne.
Sumber :
  • Rifki Arsilan

VIVA – Bantuan logistik untuk korban gempa bumi dan tsunami yang dikirim oleh Yayasan Satu Untuk Negeri tvOne (SUN TVOne) saat ini menuju Kota Palu setelah dilepas dari Kota Poso, Sulawesi Tengah, Jumat pagi, 5 Oktober 2018. Diperkirakan bantuan dari pemirsa tvOne itu akan tiba di Kota Palu pada sore nanti.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Dua unit truk besar bermuatan air mineral, mie instan, dan beras itu tiba di Posko Bantuan Gempa Bumi dan Tsunami Palu - Donggala Kodim 1307/Poso yang terletak di Jalan P. Kalimantan, Gebang Rejo Timur, Kota Poso, sekitar pukul 03.00 WITA dini hari tadi.

Kedatangan rombongan tim Yayasan Satu Untuk Negeri tvOne di Poso disambut oleh sejumlah personel TNI AD Kodim 1307/Poso.

Tolong! Masih Banyak Korban Gempa Palu di Penampungan Dihantui Corona

Komandan Kodim 1307/Poso, Letkol. Inf. Dody Triyo Hadi menyatakan, pihaknya akan memberikan pengawalan pada mobil truk logistik tvOne yang mengangkut bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami tersebut.

Hal itu dilakukan untuk memastikan agar bantuan untuk para korban gempa bumi dan tsunami tidak diganggu di tengah perjalanan dan sampai tepat waktu agar dapat segera disalurkan.

Melalui MUI, Taiwan Beri Bantuan Rp5 Miliar untuk Korban Gempa Palu

"Posko kami memang memberikan pengawalan untuk semua distribusi bantuan yang akan dikirim ke Palu. Jadi semua yang datang dan meminta pengawalan akan kami layani," kata Letkol Dody kepada VIVA.

Tim Satu Untuk Negeri tvOne yang ikut dalam rombongan distribusi logistik untuk Palu, Budi Mulyono mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh Kodim 1307/Poso tersebut. Menurut Budi, jalur Trans Sulawesi Selatan Kota Poso menuju Palu sempat menjadi perbincangan para sopir truk pengangkut logistik ke Palu.

Menurut pengakuan para sopir truk yang kerap kali bolak-balik masuk Palu, ada satu titik daerah rawan penjarahan bantuan logistik, yaitu daerah Kebon Kopi.

Sehingga, lanjut Budi, pengawalan aparat TNI dan Polri di jalur tersebut sangat membantu pengamanan distribusi logistik untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong.

"Kami berterima kasih sekali dengan petugas TNI dan Polri, khususnya Kodim 1307/Poso yang sudah bersedia memberikan pengawalan kepada bantuan pemirsa TVOne ini sampai ke posko utama Korem 132/Tadulako dan ke posko Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah," kata Budi Mulyono.

"Mohon doanya, semoga bantuan pemirsa tvOne yang disalurkan melalui SUN (Satu Untuk Negeri) tvOne ini, nanti sore sudah bisa sampai di Kota Palu dan langsung didistribusikan kepada saudara-saudara kita yang menjadi korban musibah ini di sana," katanya.

Untuk diketahui, Yayasan Satu Untuk Negeri tvOne (SUN tvOne) sejak hari Selasa malam, 2 Oktober 2018 lalu sudah berangkat menuju Palu. Karena keterbatasan layanan penerbangan menuju Palu, akhirnya Tim SUN tvOne memilih untuk masuk Palu melalui Morowali, kemudian melanjutkan perjalanan jalur darat ke Poso, terus lanjut ke Palu.

Perjalanan melalui jalur darat itu dilakukan sambil menyisir ketersediaan logistik atau kebutuhan untuk para korban gempa bumi dan tsunami di Palu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya