Ini Daerah-daerah yang Ikut Terguncang Gempa Situbondo

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA – Tiga orang meninggal dan delapan orang luka-luka akibat gempa dengan kekuatan 6,3 SR yang mengguncang Situbondo, Jawa Timur, Kamis, 11 Oktober dini hari.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

"Tiga orang meninggal dan 8 luka akibat gempa di Jawa Timur,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Kamis, 11 Oktober 2018.

Adapun beberapa kota yang merasakan guncangan gempa, yaitu  Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Kemudian Kota Pasuruan, Kota Batu Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto.

"25 rumah dikabarkan rusak di Kabupaten Sumenep," kata Sutopo.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Sebelumnya, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan, tiga warga Pulau Sapudi meninggal dunia akibat dari gempa di Situbondo pada Kamis dini hari. "Laporan sementara, 20 rumah rusak," kata Arif di Markas Polda Jatim, Surabaya, saat bersiap-siap ke Sapudi bersama gubernur dan kapolda Jatim, Kamis, 11 Oktober 2018.

BMKG melaporkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 Lintang Selatan dan 114,43 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami. (mus)

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024