Jabar Mulai Krisis Air, Hujan Buatan Jadi Opsi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Kemarau panjang saat ini menyebabkan warga kesulitan mendapatkan air bersih. Di Jawa Barat, sejumlah waduk yang menjadi daerah resapan air juga mulai kekeringan. Bahkan, kondisinya sudah krisis.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Untuk itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan segera membuat hujan buatan untuk penanganan krisis air di kawasan waduk. Di antaranya, Waduk Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Waduk Cirata Kabupaten Cianjur, Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang.

"Minggu depan akan dimulai program modifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan di area-area bendungan yang kekurangan air," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat 12 Oktober 2018.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Untuk operator hujan buatan itu, pihaknya bekerjasama dengan Badan Penggunaan Penerapan Teknologi (BPPT). Ridwan Kamil memastikan, ketersediaan air di kawasan bendungan dalam kondisi krisis.

"Oleh karena itu saya ambil keputusan di pagi ini, mulai minggu depan, minimal ada 20 kali atau lebih kita akan memulai dengan BPPT, program modifikasi cuaca untuk mencoba menghadirkan hujan di area-area bendungan," ujarnya.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

"Yang menjadi atensi utama adalah ini musim kemarau, sudah menjadi krisis, saya nyatakan sedang krisis," imbuhnya.

Podomoro Park Bandung.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Tak hanya properti perumahannya saja yang menjadi fokus perusahaan. Tapi sarana dan fasilitas umum pun dipastikan lengkap untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024