PBB Diminta Selidiki Pembunuhan Khashoggi

Jurnalis pengkritik Arab Saudi, Jamal Khashoggi.
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA – Empat lembaga hak asasi manusia dan kebebasan pers mendesak Turki  meminta penyelidikan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mencegah upaya menutupi kejahatan pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Pengadilan AS Tolak Gugatan Terhadap MBS atas Pembunuhan Khashoggi

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat 19 Oktober 2018, empat badan internasional itu adalah Komite untuk Perlindungan Wartawan, Pengawas Hak Asasi Manusia, Amnesti Internasional, dan Wartawan Tanpa Batas. Keempat lembaga itu menegaskan sebuah penyelidikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, akan mengungkapkan secara jelas perkara itu. 

Mereka mengkhawatirkan ada sejumlah pihak yang berusaha menutupi kejahatan hilangnya Khashoggi, yang diduga dibunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Sebelumnya Arab Saudi sudah membantah berada di balik pembunuhan Khashoggi. 

Pemerintah Joe Biden Dianggap Lindungi Mohammed bin Salman Atas Pembunuhan Jurnalis

Otoritas Turki telah melakukan penyelidikan di dalam konsulat. Mereka menyita sejumlah dokumen, dan sebuah rekaman audio dan video, yang menampilkan peristiwa pembunuhan Khashoggi di konsulat. Namun, Turki tidak mempublikasikan isi rekaman tersebut ke publik.  

Bahkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, enggan menyalahkan Arab Saudi, yang merupakan negara sekutunya, Trump menyatakan, sekalipun Turki menyatakan memiliki bukti atas pembunuhan itu namun tudingan itu masih sangat prematur.

Warga AS Dijatuhi Hukuman 16 Tahun Penjara di Arab Saudi karena Komentari Kerajaan

Amerika Serikat meminta Turki untuk menunjukkan bukti yang disebut dimiliki oleh mereka terkait dugaan mutilasi terhadap Khashoggi. 

"Kami sudah memintanya kalau memang bukti itu ada," kata Trump sebagaimana dikutip dari laman BBC. 

Diketahui bahwa Khashoggi terakhir terlihat saat dia memasuki Konsulat Saudi pada 2 Oktober 2018. Dia diduga dibunuh dan dimutilasi oleh sebuah tim agen Arab Saudi di konsulat. 

Pihak kepolisian Turki menduga tubuh Khashoggi dibuang di dekat hutan atau tanah pertanian di Turki. Kepolisian Turki saat ini telah memperluas pencarian mayat Khashoggi.  
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya