Black Box CVR Lion Air JT 610 Diduga Nancap di Lumpur

Puing pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin, 5 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Tim SAR gabungan masih belum berhasil menemukan black box atau kotak hitam berisi cockpit voice recorder (CVR). Hingga pencarian hari ke-10, Rabu, 7 November 2018, CVR juga belum bisa ditemukan.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmada I Kolonel Laut (P) Isswarto mengatakan, bahwa tadi pagi alat pendeteksi sinyal atau ping locater menangkap sinyal CVR. Namun, begitu didekati penyelam sinyal itu hilang.

"Jadi kita tidak tahu apa itu ping locater yang bagus atau CVR yang sudah melemah suaranya," ujar Isswarto di JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Dia menduga kemungkinan black box CVR sudah tertutup lumpur. Ia menekankan hingga pencarian selama 10 hari, lumpur di dasar perairan sudah setinggi lutut orang dewasa.

"Itu indikasinya kalau tidak tertutup benda yang lebih besar atau nancap di lumpur. Karena lumpurnya tadi penyelam kita coba berdiri itu di atas lutut kita berdiri," ujarnya.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Sebelumnya, Rabu pagi tadi, tim gabungan berencana akan mengangkat kokpit pesawat Lion Air JT 610 yang berada di perairan Laut Karawang. Tapi, ternyata kondisinya sudah hancur.

"Kokpit itu ternyata hancur, sudah jadi puing-puing, mungkin kalau diangkat pun rusak," tuturnya.

Pengendara mobil marah-marah usai ditegur parkir sembarangan

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Beria tentang Pertamina bebastugaskan karyawannya yang viral parkir sembarangan dan meludah saat ditegur pada Minggu, 7 April 2024 menyita perhatian publik sekarang ini.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024