Kantor Gubernur Papua Terbakar Gara-gara Korsleting AC

Kantor Gubernur Papua terbakar
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran di aula kantor Gubernur Papua pada Minggu, 11 November kemarin. Dari penyelidikan awal, penyebab kebakaran dikarenakan korsleting kompresor mesin pendingin udara (AC).

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

"Dari olah TKP awal yang dilakukan, sumber api diduga dari korsleting kompresor AC. Dalam kejadian kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian materiil berupa bangunan dan isi gedung atau aula Sasana Krida. Habis terbakar berupa kursi dan sound system yang melekat pada dinding gedung," ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar Polisi AM Kamal dalam keterangan tertulisnya, Senin, 12 November 2018.

Kamal menjelaskan, kebakaran terjadi pada Minggu, 11 November pukul 12.10 WIT. Awalnya, saksi bernama Marcelino Wanda (32) melihat ada kepulan asap tebal yang keluar dari belakang gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Selanjutnya saksi menuju ke pos 2 guna melaporkan kejadian tersebut kepada saksi Robi R, Isak Iwanggin dan Tonci Damor yang merupakan anggota piket jaga dari Satpol PP Provinsi Papua.

"Mereka berempat kemudian bersama-sama menuju arah kepulan asap untuk melakukan pemeriksaan," kaa Kamal.

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Saat mengecek asal kepulan asap, lanjut Kamal, terlihat kobaran api berada di atas gedung. Akhirnya keempat saksi membuka pintu aula dan melihat api dari lantai dua sebelah kanan gedung membesar.

Kemudian para saksi menghubungi Polres Jayapura. Sekitar pukul 12.20 WIT, anggota Polres Jayapura Kota tiba di lokasi dan selanjutnya mengamankan lokasi kejadian. Pukul 12.25 WIT, anggota Sabhara Polda Papua tiba di TKP, melakukan pengamanan TKP dan pemadaman terhadap sumber api dengan mengunakan satu unit mobil water canon Polda Papua.

Petugas pemadam kebakaran dengan menggunakan empat unit mobil pemadam kebakaran tiba di belakang kantor gubernur Papua. "Pukul 14.00 WIT, api yang membakar aula Sasana Krida berhasil di padamkan," kata Kamal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya