Kapolda DIY dan Banten Resmi Dijabat Jenderal Bintang Dua

Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dofiri (kanan) bersama Brigjen Prasta Wahyu Hidayat.
Sumber :
  • Tribratanews

VIVA – Markas Besar Kepolisian RI kembali merotasi beberapa pejabatnya. Dalam surat telegram Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian nomor ST/ 2947 /XI/KEP./2018 tertanggal 17 November 2018, merotasi dan promosi jabatan 59 perwira tinggi dan menengah di lingkungan Polri.

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan

Dua perwira tinggi yang mendapat promosi jabatan, karena peningkatan tipologi Polda dari Tipe B menjadi Tipe A, yakni Brigjen Pol Ahmad Dhofiri yang menjabat Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikukuhkan sebagai perwira tinggi bintang dua atau Inspektur Jenderal Polisi.

Kemudian, Brigjen Polisi Tomsi Tohir yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Pengawasan Penyidik (Karo Wassidik) Bareskrim Polri diangkat menjadi Kapolda Banten, dengan pangkat bintang dua atau Irjen Polisi.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan mutasi dan promosi jabatan di lingkungan perwira menengah dan tinggi Polri. Ia juga membenarkan soal kenaikan pangkat jabatan Kapolda di wilayah DIY dan Banten.

"Mutasi tersebut dalam rangka peningkatan tipologi Polda DIY dan Polda Banten dari Tipe B menjadi Tipe A yang akan dipimpin oleh Kapolda dengan Pangkat Bintang 2. Rencana pengukuhan dalam waktu yang tak terlalu lama," kata Brigjen Dedi, saat dikonfirmasi, Minggu 18 November 2018.

Antisipasi Ricuh, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara KPU Banten Dijaga Ketat Polisi

Selain dua nama Pati di atas, ada juga Kombes Pol Tomex Kurniawan yang sebelumnya menjabat Wakapolda Banten, dikukuhkan sebagai perwira tinggi pangkat Brigadir Jenderal Polisi, seiring dengan peningkatan Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A.

Selanjutnya, Kombes Pol Tornagogo Sihombing yang diangkat menjadi Kepala Biro Pengawasan Penyidik (Karo Wassidik) Bareskrim Polri menggantikan Brigjen Pol Tomsi Tohir yang diangkat menjadi Kapolda Banten. Kombes Tornagogo sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri.

Kemudian, Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra dimutasi sebagai Wakapolda Lampung, Karo RBP Asrena Polri Brigjen Pol Adhi Prawoto dimutasi ke BNN, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol menjadi Karo RBP Asrena Polri.

Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno dimutasi sebagai Wakapolda DIY. Jabatan Wakapolda Sumsel akan dijabat Brigjen Pol Denny Gapril, yang sebelumnya menjabat Analis Politik Baintelkam Polri.

Jabatan Wakapolda Sulawesi Selatan juga beralih dari Brigjen Pol Risyapudin Nursin kepada Brigjen Pol Adnas. Brigjen Risyapudin bertukar jabatan dengan Brigjen Adnas yang sebelumnya menjabat Karojianstra Sops Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya