Rommy Minta Mubalig Pakai Kelembutan Saat Dakwah

Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy.
Sumber :
  • Dok. PPP.

VIVA - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, M. Romahurmuziy, menyayangkan masih banyaknya penceramah yang menampilkan wajah marah, saat menyampaikan tausiahnya. Bahkan, mereka mudah marah dan mencela, saat melihat kesalahan yang dijumpai.

Sosok Habin Hasan di Mata Anies Baswedan: Pendakwah yang Dekat dengan Anak Muda

"Sekarang bawa Islam ke sini, ketika melihat orang salah langsung marah-marah. Bagaimana akan membuat Islam mudah diterima, kalau yang membawakan saja mudah marah-marah," kata Rommy dalam siaran persnya, Senin 3 Desember 2018.

Maka, di bulan Rabiul Awal atau dikenal sebagai bulan kelahiran (Maulid) Nabi ini, Rommy meminta semua pihak lebih meneladani akhlak Nabi. Terutama, bagi para mubalig yang setiap waktu sering manyampaikan pesan Islam kepada umatnya.

Dakwah Persatuan: Kemenag Gandeng BKM Sebarkan Pesan Damai di Mimbar Jumat dan Tarawih

Rommy menyebut bahwa seorang mubalig harus bijaksana melihat permasalahan umatnya. Mereka tidak mudah menyalahkan, apalagi sampai mudah marah-marah.  Bahkan, jika ada orang yang bersalah dan menentang dakwahnya, maka ia perlu memintakan ampunan atas orang tersebut.

"Senjata Kanjeng Nabi Muhammad saat berdakwah adalah kelembutan. Tidak suka marah dan selalu memintakan ampunan bagi orang yang berbuat salah," kata Rommy.

Viral Dakwah Oki Setiana Dewi Soal Nasihat Pernikahan, Warganet: Urusin Adiknya Dulu

Rommy meminta semua penceramah mampu meneladani akhlak nabi. Akhlak yang penuh kelembutan itu terbukti berhasil menyukseskan dakwah Islam yang dibawakan Nabi Muhammad. Bahkan, dakwah Nabi jauh lebih sukses dibanding para nabi sebelumnya, karena memiliki pendekatan yang jauh lebih baik.

Rommy bercerita, sebelum mendengarkan dakwah nabi di masa hidupnya, orang-orang terlebih dahulu sudah mencintai nabi, karena mempunyai akhlak mulia. Hal ini, memudahkan Nabi menyampaikan pesan kenabian dan akhirnya orang mudah untuk menerima ajaran Islam.

"Akhlak Kanjeng Nabi itu membuat orang jatuh cinta, dan kemudian membuat mereka jatuh cinta kepada Islam," kata Rommy. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya