Rocky Gerung Bilang Ratna Sarumpaet Sempat Kirim Foto Wajah Lebam

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Pemerhati sosial-politik Rocky Gerung mengaku sempat menerima empat foto dari tersangka kasus dugaan berita bohong atau hoax, Ratna Sarumpaet. Dia mendapat kiriman foto wajah lebam Ratna yang diklaim karena dianiaya, padahal sehabis operasi plastik.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

"Tapi saya menerima itu jelas dari WA (WhatsApp) Ibu Ratna Sarumpaet," katanya di Markas Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Selasa, 4 Desember 2018.

Rocky mengingat foto dikirim Ratna saat dia di Gunung Elbrus, Rusia, pada 20 September sampai akhir September. Tapi foto baru sempat dibuka atau dilihat ketika kembali di Jakarta pada 1 Oktober, karena selama di Rusia, dia menggunakan SIM card lain yang dibeli di sana.

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Karena itu, Rocky mengaku baru tahu klaim Ratna dianiaya pada 1 Oktober. Dia tak tahu soal klaim Ratna sebelum hari itu. Lagi pula Ratna tak meminta bantuan apa pun saat mengirim foto itu. "Ada empat (foto), dan kemudian ada foto yang kemudian yang beredar," ujarnya.

Pemeriksaan

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

Rocky diperiksa atas petunjuk Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Kejaksaan meminta polisi memeriksa orang-orang yang pernah menerima foto wajah lebam Ratna Sarumpaet.

Berdasarkan hasil penelusuran penyidik, petunjuk bahwa Ratna pernah mengirim foto wajah lebam yang disebut-sebut sebagai akibat dikeroyok orang tidak dikenal ke Rocky Gerung.

Selain kepada Rocky, Ratna juga mengirimkannya ke Wakil Ketua Tim Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Nanik S Deyang.

Ratna Sarumpaet ditahan polisi setelah ditetapkan tersangka kasus hoax, Jumat, 5 Oktober 2018. Aktivis perempuan itu sempat menggegerkan publik karena mengaku diamuk sejumlah orang.

Cerita bohongnya lantas dibongkar polisi. Lebam di wajah Ratna bukan karena dipukul, melainkan akibat operasi sedot lemak di RSK Bina Estetika.

Ratna dijerat Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna terancam hukuman penjara sepuluh tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya