Pakar Sebut Jaringan Tamkin Dalang Pembunuhan Pekerja Trans Papua

Persiapan proses evakuasi pekerja Trans Papua pasca penembakan oleh KKB
Sumber :
  • Dok. Pendam VXII/Cendrawasih

VIVA – Pengamat terorisme asal Universitas Malikussaleh Aceh, Al Chaidar mengatakan, bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan penembakan dan pembunuhan terhadap para pekerja Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupetan Nduga dan satu anggota TNI merupakan jaringan kelompok teroris Tamkin. Jaringan kelompok teroris Tamkin adalah organisasi ideologis statis yang secara ketat terikat pada lokasi-lokasi tertentu. 

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Menurut Al Chaidar, kelompok teroris Tamkin ini selalu bergerak secara teritorial dan mengundang banyak foreign terrorist fighters dari luar negeri dan teroris domestik untuk berkiprah dalam kejahatan yang dipandangnya sebagai tindakan yang mulia. Mereka selalu berpindah-pindah dan memiliki kemampuan teknikal yang cukup baik. Dalam aksinya, kelompok Tamkin selalu berusaha menguasai satu daerah basis di darat, laut maupun udara yang mereka anggap penting.

"Aksi penembakan yang dilakukan oleh KKB itu merupakan bentuk terorisme nyata. Itu memang terorisme, bentuk terorisme, dan OPM (Organisasi Papua Merdeka) itu sudah melakukan tindakan seperti itu. Itu jaringan kelompok teroris Tamkin. Sebenarnya sudah sejak dari dahulu saya sebut juga terorisme karena mereka sudah menyandera orang dengan tujuan politik dan sekarang sudah membunuh malah. Itu sudah cukup menggambarkan sebagai aksi terorisme," kata Al Chaidar di Aceh, Rabu 5 Desember 2018.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Al Chaidar menjelaskan, maksud dari tujuan politik dari hal yang dilakukan OPM untuk kemerdekaan serta separatisme. Mestinya kata dia, tidak perlu dilakukan apalagi dengan cara-cara menghilangkan nyawa orang lain serta melakukan tindakan kejahatan terhadap warga sipil. 

"Maka dari itu, saya sangat mengutuk tindakan itu dan menegaskan jika perbuatan itu, merupakan terorisme yang nyata. Saya minta agar pemerintah dapat segera mengatasi persoalan yang terjadi saat ini," kata dia.

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

"Harus ditangani serius, itu bentuk terorisme Tamkin, terorisme teritorial yang sudah menguasai daerah tertentu dan tidak berpindah hanya menetap di situ. Terorisme Tamkin hanya bisa diatasi oleh TNI atau pasukan militer lainnya." (mus) 

Pers rilis ungkap kasus pembunuhan ibu dan anak yang terjadi di Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan IB I Palembang.

Kronologi Pembunuhan Ibu dan Anak di Palembang, Korban Dieksekusi dengan Blencong

Tim gabungan Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan, Satreskrim Polrestabes Palembang, berserta Polsek jajaran, berhasil meringkus pelaku pembunuh ibu dan anak di Palembang.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024