Saksi Cerita Perkenalan dengan Jimmy Si Pembantu Eddy Sindoro Buron – VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

Kamis, 6 Desember 2018 | 22:59 WIB

Saksi Cerita Perkenalan dengan Jimmy Si Pembantu Eddy Sindoro Buron

img_title
Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Mantan Presiden Komisaris Lippo Group Eddy Sindoro (tengah).

VIVA – Saksi Dina Soraya menceritakan mengenai perkenalannya dengan sosok Chua Chwee Chye alias Jimmy alias Lie. Jimmy merupakan oknum yang meminta Dina menyiapkan tiket Eddy Sindoro pergi dari Jakarta, setelah dideportasi dari Malaysia.

"Saya kenal di Singapura pasca saya bercerai 2009 saya sering bolak-balik Singapura. Di situ saya baru kenal sama Jimmy," kata Dina bersaksi dalam sidang terdakwa Lucas di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis, 6 Desember 2018.

Dina mengaku mengenal sosok Jimmy sebagai kolektor barang antik semacam patung dan lukisan. Namun tak tahu apa hubungannya dengan Eddy Sindoro, yang sempat buron dari KPK.

Dia mengaku dimintai bantuan oleh Jimmy untuk mengatur 'pelarian' Eddy Sindoro dari Indonesia, setelah dideportasi otoritas Malaysia atas kasus papor palsu. Di Indonesia, Eddy Sindoro juga bertatus tersangka KPK.

"Pertama kali saya dihubungi Jimmy, memakai bahasa Inggris. Di sana dia bilang bisa tidak kalau saya mau ke Jakarta tanpa melalui Imigrasi," kata Dina mengingat perbincangannya dengan Jimmy.

Saat itu, Dina mengaku tak langsung mengiyakan. Namun ia berterus terang kebetulan memiliki kenalan petugas bandara. "Kemudian saya hubungi Bowo dengan permintaan yang sama. Besoknya dia bilang bisa," katanya.

Setelah itu, Dina mengajak Bowo bertemu di daerah Bintaro untuk pembahasan lebih detail di mana Bowo menanyakan berapa orang yang akan terbang dan siapa saja namanya.

"Saya baru tahu daftar nama serta tiba di Indonesia pada tanggal 28 Agustus saat dikirimi e-ticket. Di situ ada tiga nama, Jimmy, Eddy Sindoro dan Michael Sindoro (anak Eddy Sindoro)," ujarnya. Saat itu, Dina berdalih tak tahu jika Eddy Sindoro sudah berstatus buronan KPK.

Setelah dapat e-ticket, Dina diperintahkan memesan tiga tiket Jakarta-Bangkok untuk Eddy, Jimmy dan Michael. Tapi yang terbang ke Bangkok cuma Jimmy dan Eddy Sindoro.

Eddy Sindoro diduga telah menyuap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. ?Sedangkan Lucas didakwa bersama-sama Dina Soraya merintangi penyidikan Eddy Sindoro.

    Muat Lainnya...