Moeldoko Kini Bermarga Hasibuan

Moeldoko diberikan marga Hasibuan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Melalui sidang adat yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Parsadaan Hasibuan Dohot Anak Boru, Kepala Staf Kepresidenan (KSP)  Moeldoko menyandang marga Hasibuan. Selain itu, mantan Panglima TNI itu juga disematkan Gelar Tongku Namora Sende Hasibuan.

Motif Pengeroyokan Wartawan di Madina karena Beritakan Ketua OKP

Acara adat yang kental dari suku Mandailing itu berlangsung Jalan Karya Dharma, Kelurahan Pangkalan Mahsyur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis 6 Desember 2018. Senandung Maralok-alok mengiring para Raja Panusunan Bulung saat menyampaikan pesan-pesan nasihat kepada Moeldoko.

"Kami sudah sepakat mengangkat Moeldoko menjadi marga Hasibuan," sebut salah seorang Raja Panusunan Bulung.

59 Warganya Keracunan Gas, Edy Rahmayadi Stop Operasi Perusahaan

?Sedangkan arti dari gelar Tongku Namora Sende Hasibuan adalah raja pertama Hasibuan di Tapanuli Selatan. Selama prosesi sidang, Moeldoko yang mengenakan ampu yakni penutup kepala khas laki-laki Mandailing dan begitu tekun mendengar nasihat-nasihat dari para raja. 

Moeldoko juga langsung menerima ulos dari para pengetua adat.  Begitu mendapat ulos, Moeldoko melangsungkan tortor suhut bersama para raja adat.

Moeldoko Bagi-bagi Beras untuk Disabilitas

"Saya akan lapor kepada istri saya bahwa saya mendapat marga yang luar biasa, yakni Hasibuan," kata Moeldoko.

Moeldoko memang sangat mengapresiasi diberikan marga Hasibuan. Moeldoko juga ingin membesarkan bangsa lewat marga Hasibuan.

"Pendekatan budaya. Adalah pendekatan yang sangat efektif. Saya sudah buktikan itu. Saya jadi Pangdam di Siliwangi. Pertama kali yang saya kumpulkan, berdiskusi adalah budayawan. Di sini saya mendapat anugerah. Peristiwa budaya yang sangat besar. Saya syukuri ini. Sebuah kehornatan bagi saya," kata Moeldoko.

Dia juga berpesan, keluarga besar Hasibuan bersatu punya visi yang sama menjaga NKRI melalui adat dan keberagaman budaya di miliki Tanah Air.?"Untuk itulah kehadiran saya ingin menjadi perekat untuk semuanya. Dengan peristiwa budaya ini, mudah mudahan bangsa Indonesia menyadari betul, budaya adalah. Solusi bangsa kita," tuturnya.

Ssementara itu Ketum DPP Parsadaan Hasibuan Dohot Anak Boruna, Chairul Mac Hasibuan mengatakan pemberian marga Hasibuan sudah melalui tahapan pertimbangan yang matang.

"Kami mempertimbangkan Jenderal TNI Moeldoko layak karena mempunyai wawasan persatuan. Artinya kita punya misi, meningkatkan silaturahmi seluruh marga Hasibuan," ucap Chairul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya