Habib Bahar bin Smith Jadi Tersangka – VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

Kamis, 6 Desember 2018 | 23:45 WIB

Habib Bahar bin Smith Jadi Tersangka

img_title
Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Habib Bahar bin Smith memasuki gedung saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jakarta

VIVA – Proses pemeriksaan terhadap Habib Bahar bin Smith telah selesai dilakukan pada Kamis malam 6 Desember 2018. Habib Bahar diperiksa selama lebih dari 10 jam yakni dari pukul 11.25 WIB hingga sekitar pukul 22.30 WIB. Dia lalu ditetapkan sebagai tersangka.

Pada pukul 23.00 WIB, tim kuasa hukum yang mendampingi pemeriksaan Habib Bahar keluar dari pemeriksaan.

Namun tak terlihat ada Habib Bahar di dalam rombongan tersebut. Menurut keterangan Azis Yanuar selaku perwakilan Kuasa Hukum, Habib Bahar telah meninggalkan lokasi lebih dahulu karena ada keperluan yang harus diselesaikan.

"Tadi habib sudah duluan, karena katanya ada keperluan," kata Azis di Bareskrim, Mabes Polri, Gambir, Jakarta Pusat Kamis malam.

Azis mengatakan, Habib Bahar diberondong banyak pertanyaan. Sebagian besar pertanyaan yang ditanyakan petugas adalah mengenai ceramah yang dilakukan oleh Habib Bahar.

"Jadi tadi ditanya latar belakang sebelum ceramah apa, sumbernya apa, kitabnya apa, dan itu tadi hasilnya beliau ditetapkan jadi tersangka," ujarnya

Azis mengatakan, Habib Bahar dijerat dengan UU 40 tahun 2008, dan UU 19 tahun 2016 tentang ITE.

Selain itu, Habib Bahar juga dijerat dengan pasal 45 jo 28, dan pasal 16 jo Pasal 4 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras.

Namun terkait status tersangka ini, tim kuasa hukum belum dapat memastikan langkah apa yang selanjutnya akan ditempuh.

"Untuk status tersangka ini, nanti akan kita diskusikan lagi. Tim kuasa hukum akan mendiskusikan lagi langkah apa yang akan diambil," ujarnya.
 

    Muat Lainnya...