Begini Trik Fuso Agar Colt Diesel Aman Pakai Biodiesel B20

Mitsubishi Fuso Fighter (kanan)
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Sejak pemerintah memberlakukan aturan penggunaan bahan bakar biodiesel B20 pada 1 September 2018, banyak pihak bertanya-tanya apakah kendaraan milik mereka aman menggunakannya.

Sri Mulyani: Importance of B20 Forum for World Economic Growth

Hal itu terbilang wajar, mengingat B20 adalah campuran dari 80 persen Solar biasa dengan 20 persen minyak yang dihasilkan dari pengolahan kelapa sawit.

Salah satu isu kurang sedap soal biodiesel B20, adalah tentang saringan bahan bakar yang harus diganti lebih cepat dari biasanya. Ini dikarenakan adanya penumpukan kerak pada alat penyaring tersebut.

B20 Communique Submitted to Jokowi for Global Economic Recovery

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana memiliki jawaban soal itu. Menurutnya, ?biodiesel B20 mempunyai kemampuan tambahan. Yakni, melarutkan kotoran yang ada di dalam tangki bahan bakar.

"Saat pertama menggunakan biodiesel, terjadi penumpukan kotoran pada saringan bahan bakar, akibat larutnya kerak pada tangki dari bahan bakar sebelumnya. Biodiesel ini kan ester, sifatnya melarutkan,” ujarnya, dikutip dari laman Kemenperin, Senin 17 Desember 2018.

Sri Mulyani: Peran dan Suara Forum B20 Sangat Penting Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Untuk mengatasi masalah tersebut, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors memiliki solusi jitu. Hal itu diungkapkan oleh Sales and Marketing Director KTB, Duljatmono.

“Produk kami, Colt Diesel dengan double filter. Untuk mengantisipasi penggunaan B20. Kami sudah siap (menggunakan biodiesel B20) dari 2016,” tuturnya di Pekanbaru, Riau belum lama ini.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sleman menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam forum B20 di New Delhi, India.

Pengusaha Muda Sleman Wakili Indonesia di Forum B20 India

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sleman menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam forum B20 di New Delhi, India.

img_title
VIVA.co.id
27 Agustus 2023