Mau Pakai Biodiesel B20 Tanpa Masalah, Caranya Gampang Banget - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 21 Desember 2018 | 00:00 WIB

Mau Pakai Biodiesel B20 Tanpa Masalah, Caranya Gampang Banget

“Pada kondisi tertentu, B20 bisa berubah menjadi pembersih."
Ilustrasi B20. Sumber foto: bpdp.or.id.
Photo :

Ilustrasi B20. Sumber foto: bpdp.or.id.

VIVA – Salah satu hal yang dikeluhkan pengguna bahan bakar diesel jenis baru di Indonesia, adalah soal penyumbatan pada saringannya. BBM tersebut diklaim membuat pemilik kendaraan harus lebih sering mengganti filter.

Biodiesel yang dijual di Indonesia saat ini berjenis B20, yang merupakan campuran dari 80 persen minyak bumi dan 20 persen minyak hasil pengolahan kelapa sawit. Ini sesuai dengan aturan pemerintah, yang mulai diberlakukan pada 1 September 2018.

Terkait penyumbatan yang terjadi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan, biodiesel B20 memiliki sifat mirip seperti deterjen. Saat berada di dalam tangki bahan bakar, BBM tersebut akan melarutkan kotoran yang menempel di dinding tangki.

Kotoran itu kemudian terbawa bersama bahan bakar ke penyaring. Hal itu yang menyebabkan saringan harus diganti lebih awal, saat pemakaian B20 pertama.

Menurut Sales and Marketing Director PT Mitsubishi Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Duljatmono, hal itu bisa dicegah dengan cara yang mudah.

“Pada kondisi tertentu, B20 bisa berubah menjadi pembersih. Itu pada kondisi dingin, BBM berubah menjadi seperti gel,” ujarnya di Pekanbaru, Riau belum lama ini.

Untuk mengatasi hal itu, yang perlu dilakukan pemilik sangat sederhana. Mereka hanya harus mengoperasikan kendaraan bermesin diesel itu setiap hari.

“Kalau diam enggak diapa-apain, bisa berubah menjadi gel. Kalau lama enggak dipakai, tangki perlu dibersihkan. Tapi kalau tiap hari dipakai, enggak masalah,” tuturnya.

 

Saksikan Juga

Timnas Indonesia U19 Tekuk China U19

TVONE NEWS - 35 menit lalu
Topik
loading...
Muat Lainnya...