Kapal Jukung Meledak di Sungai Musi, 9 Orang Luka Bakar

Kapal Jukung meledak di Sungai Musi, Kamis, 20 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA/ Sadam Maulana.

VIVA - Sebuah kapal Jukung Jasa Mulya berisi bahan bakar minyak atau BBM terbakar di Perairan Sungai Musi Palembang. Peristiwa ini terjadi di seberang Dermaga Bekang 7 Ulu Palembang, pada Kamis, 20 Desember 2018, sekitar pukul 15.30 WIB.

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Berdasarkan informasi yang himpun, peristiwa ini berlangsung pada saat kapal jukung mengisi bahan bakar di SPBU terapung milik Toni yang berada di lokasi kejadian.

Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran kapal jukung yang diduga bermuatan BBM tersebut. Namun, kobaran api membesar hingga menjadi tontonan warga sekitar.

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Kapal dengan kondisi terbakar hanyut mengikuti arus Sungai Musi. Hingga akhirnya tenggelam di sekitar Jembatan Musi IV, Kecamatan Seberang Ulu II Palembang.

"Kapalnya terbakar dari arah 7 Ulu hanyut sampai ke sini (Jembatan Musi IV). Kobaran api cukup besar dan sempat mendengar suara ledakan," kata Mahdi, warga sekitar Jembatan Musi IV.

Tugboat dan Kapal Nelayan Tabrakan di Selat Bangka, Satu Orang Hilang

Akibat kejadian itu, sembilan orang dikabarkan mengalami luka bakar serius. Sehingga harus dilarikan ke Rumah Sakit AK Gani Palembang. Sembilan korban itu ialah empat orang berasal dari Kapal Jukung Jasa mulya, Hendra (34), Roni, Turoh (45) dan Har.

Sementara, empat korban lainnya berada di Kapal jukung Sumber Agung, ialah Bowo (23), Herman, David (4) dan Rohman. Satu orang lainnya ialah petugas SPBU, Joniansyah (34). Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

"Adanya insiden kebakaran kapal jukung ini, kita langsung melakukan pemadaman lewat air. Selain itu, kita juga kerahkan tiga unit mobil PBK di jalur darat untuk mengantisipasi jika merambat ke rumah warga," tutur Kabid Ops PBK Palembang, Hernedy. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya