Kemunculan Buaya Putih Gegerkan Warga Aceh Singkil

Buaya putih sedang berjemur di pinggiran sungai di Aceh Singkil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Masyarakat Aceh Singkil digegerkan dengan penemuan seekor buaya putih. Pada saat ditemukan, reptil tersebut sedang berjemur di pinggir sungai.

Curi Ikan di Perairan Aceh, Kapal Berbendera India Ditangkap

Keberadaan buaya itu pertama kali diketahui oleh segerombolan anak pramuka yang kebetulan melintas menggunakan perahu mesin. Mereka yang melihat seekor buaya putih besar langsung merekamnya dengan kamera handphone.

Anggota Search and Rescue (SAR) Pulau Banyak-Aceh Singkil, Wijaya, membenarkan adanya buaya putih di kawasan Sungai Singkil. Bahkan, kemunculan buaya putih itu bukan kali pertama terlihat.

Eks Kepala BPSDM Aceh Jadi Tersangka Korupsi Beasiswa

“Saya juga pernah beberapa kali melihatnya. Kebetulan kali ini anak didik saya yang melihat dan spontan merekamnya,” kata Wijaya saat dikonfirmasi VIVA, Senin 7 Januari 2019.

Lokasi buaya putih itu di Sungai Singkil tepatnya di Pasir Tengah jalan menuju kawasan Singkil Lama. Atau sekitar 4 kilometer dari Desa Kilangan, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Ditawari Makan, Pemuda di Aceh Malah Bacok Ibu Kandung hingga Tewas

Saat itu, anak pramuka yang bernama Fajar kaget dan langsung merekam kemunculan buaya putih tersebut. Wijaya menyebutkan, buaya putih tersebut diperkirakan sepanjang 4 meter.

Kawasan Sungai Singkil memang sudah dikenal sebagai habitatnya reptil buas tersebut. Namun, penemuan buaya berwarna putih itu cukup langka, bahkan jarang ditemui warga sekitar.

Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, menyebutkan penampakan buaya ini sebuah hal yang biasa di Aceh Singkil.

Hingga kini, pihaknya belum menerima laporan tentang adanya warga yang melihat seekor buaya putih tersebut. Menurutnya, penampakan buaya putih itu jauh dari pemukiman warga.

“Belum ada laporan. Sepertinya itu jauh dari pemukiman warga,” ujarnya saat dikonfirmasi. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya