Gempa 2 Kali Guncang Zona Megathrust Selat Sunda

Gempa di Lebak, Banten. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa mengguncang Selat Sunda sebanyak dua kali, lokasinya di zona Megathrust bagian Selatan. Pertama terjadi di koordinat 6,85 LS dan 104,24 BT, sekitar pukul 19.04 WIB, berkekuatan 4,9 SR.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

"Tepatnya berlokasi di laut, pada jarak 158 Km arah selatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, pada kedalaman 53 Km," kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui siaran persnya, Sabtu, 12 Januari 2019.

Jika diperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi itu termasuk ke dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust. 

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik atau thrust fault," terangnya.

Gempa bumi kedua kalinya terjadi atau aftershock sekitar pukul 19.15 WIB. Lindu ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," kata dia. (ase)

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024