Gempa 2 Kali Guncang Zona Megathrust Selat Sunda - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 12 Januari 2019 | 21:09 WIB

Gempa 2 Kali Guncang Zona Megathrust Selat Sunda

Yang pertama kedalaman 53 Km.
Gempa di Lebak, Banten. (Ilustrasi)
Photo :
  • BMKG

Gempa di Lebak, Banten. (Ilustrasi)

VIVA – Gempa mengguncang Selat Sunda sebanyak dua kali, lokasinya di zona Megathrust bagian Selatan. Pertama terjadi di koordinat 6,85 LS dan 104,24 BT, sekitar pukul 19.04 WIB, berkekuatan 4,9 SR.

"Tepatnya berlokasi di laut, pada jarak 158 Km arah selatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, pada kedalaman 53 Km," kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui siaran persnya, Sabtu, 12 Januari 2019.

Jika diperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi itu termasuk ke dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik atau thrust fault," terangnya.

Gempa bumi kedua kalinya terjadi atau aftershock sekitar pukul 19.15 WIB. Lindu ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," kata dia. (ase)

loading...
Muat Lainnya...