KPK Deteksi Adanya Aliran Uang Meikarta ke Pejabat Pemprov Jabar

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus dugaan aliran dana terkait Meikarta ke pihak Pemprov Jawa Barat. Hal tersebut saat ini tengah ditelusuri lebih lanjut oleh tim penyidik.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Kami sedang mengidentifikasi dugaan aliran dana lainnya kepada pejabat di Pemprov Jawa Barat dan hal itu sudah ditanyakan saat memeriksa mantan Gubernur Jawa Barat (Ahmad Heryawan atau Aher)," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jakarta, Rabu, 16 Januari 2019.

Kepada Aher, penyidik lanjut Febri, telah mengkonfirmasi pengetahuannya mengenai penerimaan uang oleh jajaran Pemprov Jabar terkait pengurusan proyek Meikarta. 

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Selain itu, terang Febri, pihaknya juga sedang mengusut dugaan penerimaan suap berupa uang dan fasilitas oleh anggota DPRD Bekasi terkait proyek Meikarta. Bahkan, ungkap Febri, sejauh ini sudah sekitar Rp180 juta yang dikembalikan anggota DPRD Bekasi kepada KPK.

"Kami juga sedang mendalami dugaan aliran dana atau pembiayaan jalan-jalan ke Thailand terhadap sejumlah anggota DPRD Bekasi dan keluarganya," kata Febri.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Sebelumnya dalam persidangan terdakwa Billy Sindoro di Pengadilan Tipikor Bandung, saksi Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengungkap adanya permintaan uang oleh Sekda Jabar Iwa Karniwa terkait Meikarta. Tapi Iwa telah membantah hal ini.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024