LBH Tengarai Upaya Kriminalisasi pada Jurnalis Kampus UGM

Direktur LBH Yogyakarta, Yogi Zul Fadli, usai mendampingi seorang jurnalis kampus UGM diperiksa polisi di Markas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin siang, 7 Januari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Polisi memeriksa lagi satu orang untuk mengungkap dugaan pemerkosaan terhadap mahasiswi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta saat kuliah kerja nyata atau KKN. Penyidik kali ini memanggil Thovan, editor Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BPPM) Balairung, pers kampus UGM, sebagai saksi.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Penyidik Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta sebelumnya memanggil Citra Maudy, penulis artikel berita berjudul "Nalar Pincang UGM Atas Kasus Pemerkosaan" pada laman Balairung. Citra diperiksa sebagai saksi pada Senin, 7 Januari 2019.

Thovan hadir di Markas Polda DI Yogyakarta dengan didampingi oleh kuasa hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, Yogi Zul Fadhli, pada Kamis, 17 Januari 2019. Dia mengatakan, Thovan diperiksa sekitar 1,5 jam dengan 30 pertanyaan.

Pimpinan Jemaah Aolia Ternyata Sempat Kuliah di Fakultas Kedokteran UGM

"Materi pertanyaannya seperti materi yang diajukan ke Citra beberapa waktu yang lalu. Ditanya dari mana sumber berita, di mana ketemunya [dengan korban], dan berbagai macam pertanyaan seputar konten pemberitaan," ujar Yogi.

Yogi mengaku sebenarnya keberatan dengan pemeriksaan Thovan maupun Citra sebagai jurnalis kampus. Sebab, katanya, materi pemeriksaan tak selaras dengan peristiwa yang dilaporkan, yaitu pemerkosaan dan pencabulan. "Kenapa penyidik justru menanyakan tentang hal-hal mengenai pemberitaan, baik itu isinya maupun proses pembuatannya," ujarnya.

Sosok Pemimpin Jemaah Aolia Gunungkidul yang Ngaku Telponan Sama Allah

"Ada indikasi ke arah kriminalisasi terhadap anggota BPPM Balairung. Kami minta pihak polisi dan UGM tidak gegabah dalam melihat kasus ini," ujar Yogi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur tengah menyidik dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menyeret ahli nuklir dari UGM.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024