JK Tegaskan Calon Pemimpin Seharusnya Tak 'Grasak-grusuk'

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, seorang calon pemimpin seharusnya tak bersikap 'grasak-grusuk' atau bertindak tak teratur, demi mencapai tujuannya.

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK menyampaikan bahwa tujuan hidup seharusnya dicapai berjenjang, tidak serta merta menyasar tujuan yang paling tinggi secara langsung.

"Saya jalani hidup ini secara teratur. Ini juga penting bahwa kita tidak perlu, kalau istilah Jawa-nya, mungkin grasak-grusuk," ujar JK, dalam kuliah umum di hadapan mahasiswa Universitas Paramadina di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

JK menceritakan perjalanannya berorganisasi dari tingkatan paling bawah, yakni kampus, hingga akhirnya masuk ke pemerintahan sebagai menteri, lantas menjadi wakil presiden sebanyak dua kali.

Sementara itu, di dunia bisnis, JK yang berasal dari keluarga pengusaha di Sulawesi Selatan, juga meniti karier dari tingkatan bawah, menjadi manajer, hingga presiden direktur.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

"Saya memilih (menjalani hidup) secara berjenjang, teratur," ujar JK.

JK menekankan, kemajuan dan kesuksesan dalam hidup, termasuk dalam berpolitik, lebih baik dicapai bukan dengan grasak-grusuk.

"Ingin saya pesankan ke yang muda-muda, bahwa kita dapat maju secara berjenjang, dengan teratur," ujar JK. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya