Sumatera Barat Supermaketnya Bencana

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno
Sumber :
  • Twitter @irwanprayitno

VIVA – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno  mengakui jika Ranah Minang merupakan supermaketnya bencana. Mulai dari Longsor, banjir hingga gempa bumi dan tsumani, menjadi ancaman serius. Meski dibalik bencana itu ada potensi alam yang sangat subur, banyak sumber daya alam secara pertanian dan perkebunan yang luar biasa.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

“Betul, daerah Sumatera Barat itu daerah bencana. Meski ada potensi alamnya yang sangat subur,“ kata Irwan Prahyitno usai menghadiri rapat koordinasi mitigasi dan penanganan bencana gempa dan tsunami di Auditorium Gubenuran, Kamis 24 Januari 2019.

Menghadapi ancaman bencana, terutama gempa bumi dan tsunami, Irwan mengklaim, jika saat ini dari sisi kesiapsiagaan non fisik dianggap sudah tersebar melalui sosialisasi kepada masyarakat. Hanya saja, untuk kesiapsiagaan dalam bentuk fisik (infrastruktur), seperti shelter (tempat pengungsian) masih kurang.

10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah, Ada yang Menyebabkan 2.000 Orang Tewas

“Yang fisik memang belum mencukupi, shelter khusus untuk tsunami itu masih belum mencukupi. Maka dari itu dulu BNPB mendesain (shelter) untuk 7 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Tapi terkendala terhadap anggaran. Bahkan di Kota Padang bangunan shelter hanya ada beberapa sehingga gedung-gedung pemerintahan diwajibkan memiliki shelter,” ujar Irwan.

Dengan demikian, Irwan berharap rapat koordinasi mitigasi dan penanganan bencana dapat menghasilkan sebuah langkah bagaimana mengurangi risiko serta membentuk strategi mencegah jatuhnya korban jiwa.

Gempa Bumi Kembali Landa Jepang, Kali Ini Tidak Ada Peringatan Tsunami

"Harapan kita tentu dengan hadirnya para pakar ini mengeluarkan rekomendasi yang ditindaklanjuti baik oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Sehingga nanti rekomendasi ini bisa dituangkan dalam bentuk APBD, program-program dan sebagainya," tututnya.
 

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

BMKG mengungkap adanya 12 fakta mengenai gempa yang terjadi di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur, Jumat, yang berkekuatan magnitudo 5,9 dan 6,5.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024