Korban Tak Terima Bos Abu Tours Divonis 20 Tahun Penjara
Senin, 28 Januari 2019 | 22:56 WIB

Korban Tak Terima Bos Abu Tours Divonis 20 Tahun Penjara

Mereka menuntut bos Abu Tours dijatuhi hukuman mati.
CEO perusahaan travel umrah ABU Tours, Hamzah Mamba di sidang
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

CEO perusahaan travel umrah ABU Tours, Hamzah Mamba di sidang

VIVA – Bos Abu Tours, Muhammad Hamzah Mamba, divonis 20 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar, Senin sore, 28 Januari 2019. Meski begitu, banyak korban yang tak puas atas keputusan tersebut. 

Muspita, salah satu korban yang berasal dari Balikpapan, menganggap hukuman untuk Hamzah terbilang ringan. Padahal ia sengaja datang ke Makassar menyaksikan persidangan, guna mengetahui nasibnya yang gagal berangkat ke Tanah Suci. 

"Kami ini sangat berharap tujuh ribu jemaah yang jadi korban itu bisa semua berangkat. Kami menunggu kepastian hari ini, ternyata hanya 20 tahun dan tidak ada embel-embel kepastian jemaah," kata Muspita.

Para agen yang sebelumnya bermitra dengan PT Abu Tours menyatakan kecewa dengan keputusan Ketua Majelis Hakim Denny Lumban yang hanya memvonis Hamzah Mamba 20 Tahun Penjara. Mereka meminta agar Hamzah dihukum penjara seumur hidup atau hukuman mati. 

Jabar, salah satu agen yang bermitra dengan Abu Tours mengatakan dirinya kecewa dengan keputusan tersebut. Sebab, kata dia, Hamzah seharusnya dihukum seberat-beratnya.