DBD Melanda Mojokerto, Permintaan Trombosit di PMI Naik Dua Kali Lipat

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyimpan kantong darah berdasarkan golongan di Laboratorium PMI Kota Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Permintaan sel darah Trombosit di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Mojokerto naik hingga dua kali lipat pada awal tahun ini. Hal itu terjadi karena meningkatnya pasien Demam Berdarah Dengue atau DBD di daerah tersebut. 

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran

Dikutip dari laporan tvOne, Rabu 30 Januari 2019, Staf Pelayanan Medis PMI Kota Mojokerto Yanuar mengungkapkan, pada Januari ini permintaan Trombosit naik dari sebelumnya 250 kantong menjadi 500 kantong darah Trombosit. 

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan itu, Yanuar mengatakan, pihaknya menggandeng pendonor darah dari berbagai instansi pemerintahan maupun swasta untuk mencukupi kebutuhan tersebut. 

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Berdasarkan data PMI Kota Mojokerto, permintaan Trombosit sudah naik sejak November 2018 hingga Desember. Pada periode tersebut permintaan naik dari 207 kantong menjadi 327 kantong darah. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Menteri Kesehatan menanggapi soal turis asal Queensland, Australia, yang berbagi kisahnya di media sosial saat terjangkit demam berdarah dengue (DBD) di Bali.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024