Basarnas Diminta Tak Terpengaruh Politik yang Memanas

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyambangi kantor Basarnas di Jakarta.
Sumber :

VIVA – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, berkunjung ke kantor pusat Badan SAR Nasional (Basarnas), Kamis 7 Februari 2019. Fahri berserta rombongan diterima oleh Kepala baru Basarnas, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, dan jajarannya.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Kunjungan Fahri ke Basarnas dalam rangka menjalankan fungsinya selaku Ketua Tim Pengawasan (Timwas) Penanggulangan Bencana Nasional DPR RI. Fahri meminta situasi politik yang memanas saat ini jangan sampai memengaruhi kinerja Basarnas.

"Lepas dari kondisi politik dan ekonomi, karena ini (Basarnas) adalah lembaga yang sangat penting dalam kebencanaan," kata Fahri Hamzah dalam jumpa wartawan di Gedung Basarnas jalan Angkasa, Jakata Pusat, Kamis 7 Februari 2019.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Fahri ingin melalui kunjungan tersebut dapat menguatkan koordinasi terkait penanganan bencana di Indonesia. "Basarnas ini juga harus terintegrasi dengan lembaga lain, seperti TNI, Polri, kepada elemen masyarakat, dan bahkan nanti harus ada dalam kurikulum kita peran dari Pramuka. Lalu di ujung ada BNPB yang lebih permanen kerjanya dalam jangka panjang," ujar Fahri

Lembaga-lembaga tersebut menurut Fahri harus solid satu sama lain. Dari pertemuan tersebut diharapkan dapat menyempurnakan terkait regulasi dan juga lembaga Basarnas ke depan

LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

Fahri menjelaskan bahwa tugas timwas DPR periode ini adalah membuat peta dan rekomendasi supaya pejabat yang akan datang tidak memulainya dari nol. "Dengan demikian, bangsa ini ada progresif. Hari ini lima, besok enam, tahun berikutnya tujuh dan seterusnya, sampai kita dapat angka maksimal," ujarnya.

Terkait peningkatan kewaspadaan nasional, Fahri mengatakan, hal ini harus menjadi milik semua orang. Apalagi, masyakarat Indonesia ini hidup di atas kerak bumi yang bergerak.

"Jadi sadar lah kita bahwa kalau ada apa-apa, hati-hati juga. Nah, ini bagian dari kurikulum dan nantinya Basarnas juga memberikan kontribusinya untuk menyampaikan kepada masyarakat," kata anggota DPR dari Dapil NTB itu.

Dalam pertemuan itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito menyampaikan tentang perlunya penambahan personel. Mengingat negara Indonesia sangat besar dan memiliki banyak pulau. Selain itu dia juga merasa senang telah didatangi oleh Fahri karena merasa mendapat dukungan moril. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya