Sofyan Basir Berdalih Terima Eni Saragih karena Berpihak pada PLN

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir (tengah) menjawab pertanyaan wartawan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Direktur Utama PT PLN Persero Sofyan Basir berdalih mau menerima Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih karena sering berpihak kepada perusahaan negara yang dipimpinnya. Karena itu ia pun mau menerima kedatangan Eni di kediamannya. Tapi ternyata Eni mengajak Johannes Budisutrisno Kotjo, pemilik Blackgold Natural.

Grab Permudah Mobilisasi Karyawan PLN

"Beliau (Eni Saragih) sebagai Wakil Ketua Komisi VII, yang di mana saat kami rapat dengar pendapat, selalu berpihak kepada PLN, makanya saya menerima kehadirannya," kata Sofyan saat bersaksi untuk terdakwa Idrus Marham di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019.

Eni Saragih, katanya, selalu menanggapi positif kebijakan dan usulan PLN, misal tentang batu bara dan tarif energi baru terbarukan.

Listrik di Lokasi Gempa Pasaman Barat Hidup Lagi

Sofyan pun mengakui pernah didatangi Eni dan Kotjo di kediamannya pada Juni 2018. Saat itu Idrus Marham juga hadir.

"Inilah kenapa kami sangat menghargai kawan-kawan di sana (DPR), termasuk Ibu Eni, karena hubungan sosial dan mitra kerja, ya, kami temui," kata Sofyan.

Cara Pertamina, PLN dan Pupuk Indonesia Kembangkan Industri Hijau

Dalam perkara ini, Idrus Marham didakwa bersama-sama mantan Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih menerima suap Rp2,250 miliar dari Kotjo untuk pengurusan proyek PLTU Riau-1. (mus)

Petugas PLN saat memasang sambungan listrik untuk warga.

Capaian PLN 2021: Pelanggan 82,5 Juta, Rasio Elektrifikasi 99,43%

Jumlah pelanggan PLN sudah mencapai 82,5 juta pelanggan, di mana sebagian besar atau hampir 50 juta adalah pelanggan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022