Ke Rusia, Wiranto Jalin Kerja Sama Teknologi Penanggulangan Bencana

Menko Polhukam Wiranto kunker ke Rusia
Sumber :
  • Dok. Kemenko Polhukam

VIVA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto melakukan kunjungan kerja ke Moskow, Rusia. Dalam kunjungan ini, Wiranto yang mewakili Pemerintah RI ingin memperkuat kerja sama di sektor keamanan, terorisme, hingga penanggulangan bencana.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Wiranto dalam pertemuan itu langsung menemui Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay Patrushev. Ditegaskan eks Panglima ABRI itu bahwa Indonesia komitmen menjalin kerja sama seperti memperkuat penanggulangan bencana.

Sebagai negara yang rawan gempa, Indonesia memerlukan manajemen perencanaan potensi timbulnya bencana. Kata dia, Rusia memiliki teknologi dalam memprediksi timbulnya bencana alam.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

“Saya akan meminta instansi terkait di Indonesia untuk mempelajari teknologi yang dikembangkan Rusia. Khususnya yang terkait dengan manajemen bencana dan mampu memprediksi kemungkinan timbulnya bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami," kata Wiranto dalam keterangan resminya, Jumat, 15 Februari 2019.

Selama berada di Moskow, Rusia, Wiranto dan rombongan juga menyempatkan berkunjung ke Radio Technics Institute (RTI) dan State Corporation for Space Activities (Roscosmos). “Bagaimana kunjungan ini untuk melihat kemampuan teknologi Rusia dalam penanganan, pengendalian serta memprediksi terjadinya bencana alam,” tutur Wiranto. 

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Kerja sama ini menurut Wiranto juga menyepakati kerja sama tukar menukar informasi data teroris kedua negara. Selain itu, ada komitmen memperluas kerja sama di bidang sistem monitor atas lalu lintas keuangan perdagangan narkoba yang diduga jadi sumber pendanaan kegiatan terorisme.

Kemudian, dalam pertemuan itu, Rusia juga mendorong terwujudnya kerja sama dengan ASEAN. Dalam hal ini, Indonesia punya posisi penting selaku koordinator kerja sama ASEAN-Rusia.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024