Ma'ruf Amin Sindir Ulama 'Almakiyun', Ceramah Sambil Maki-maki

Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin berkampanye di Makassar
Sumber :
  • VIVA/Eduward

VIVA – Calon wakil presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa ulama punya tugas yang banyak. Pertama, kata Ma'ruf menyebut tugas ulama ialah menyempurnakan kemanusiaan dan kemudian menjaga akidah.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"(Termasuk) Menjaga negara dan memperbaiki umat. Tugas ulama itu banyak," kata Ma'ruf, saat mengunjungi Rumah Zikir dan Dakwah Darul Ahsan di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 21 Februari 2019.

Ma'ruf juga menyebut, tugas ulama dalam memerangi kabar bohong (hoaks) dan ujaran kebencian. Ia sangat menyayangkan, masih ada saja pendakwah yang menyampaikan pesannya dengan cara tidak santun dan mengajak jemaahnya bermusuhan antarsaudara sebangsa.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Banyak pemahaman, kata Mustasyar PBNU itu, menggunakan dalil agama yang memicu berkembangnya kelompok ekstremisme. "Jangan dengan cara-cara yang tidak santun. Sekarang banyak mubalig dari kalangan almakiyun, itu ahli maki-maki. Harusnya layinan (lemah lembut)," kata dia.

"Masa ayat perang mau dipakai di negara damai. Ini yang melahirkan ekstremisme, intoleran, dan terorisme," tambahnya.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Dalam kesempatan yang sama, Habib Abdurrahim Assegaf Puang Makka meminta kepada umat Islam mewaspadai penyebaran kabar bohong yang makin marak di masyarakat. "Jadi, kepada jemaah saya, saya imbau banyak istighfar," ujarnya. (asp)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024