Kisah di Balik Penemuan Kembali Lebah Terbesar di Maluku
Kisah di Balik Penemuan Kembali Lebah Terbesar di Maluku
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-abc.jpg?v=8.7.12
Selasa, 26 Februari 2019 | 05:49 WIB

Kisah di Balik Penemuan Kembali Lebah Terbesar di Maluku

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2019/02/26/5c746c1ed3f64-kisah-di-balik-penemuan-kembali-lebah-terbesar-di-maluku_663_382.jpg
Photo :
  • abc

Lebah terbesar di dunia berhasil ditemukan kembali di Maluku oleh tim peneliti, termasuk dari Australia. Bentangan sayapnya mencapai 6 cm.

Tim peneliti mancanegara berhasil menemukan kembali lebah terbesar di dunia yang berada di Kepulauan Maluku. Bagaimana kisah di balik penemuan lebah yang diberi nama Wallace (Megachile pluto) dengan bentangan sayap sepanjang enam centimeter tersebut?

Lebah jenis ini sebelumnya sudah pernah didokumentasikan. Pertama, oleh Alfred Russel Wallace pada 1859, dan yang kedua pada tahun 1981.

Namun sejak itu, Megachille pluto dianggap sudah punah.

Peneliti Dr Simon Robson dari Universitas Sydney dan koleganya Glen Chilton dari Saint Mary"s University di Kanada bersama seorang fotografer asal AS dan seorang entomolog kemudian bergabung melakukan perburuan lebah ini.

Keempat "detektif serangga" pun bertemu di Jakarta pada Januari lalu. Dari sana kemudian lanjut ke Maluku, mencoba peruntungan mereka.


Professor Simon Robson dari Australia menunjukkan lebah ukuran besar yang diberi nama Lebah Wallace.

Supplied: Clay Bolt

 

"Pada dasarnya kami berempat yang sudah lama berminat pada lebah ini bertemu dan saling mengajak untuk mencarinya," jelas Dr Robson.

"Kami berhasil menemukannya dan ini jadi liburan terbaik yang pernah saya alami," ujarnya.

Tim tersebut menelusuri kawasan hutan tropis di daerah tersebut selama lima hari. Mereka memeriksa banyak sarang rayap untuk mencari tanda-tanda adanya lebah dimaksud.

Lebah betina tersebut menemukan jalannya ke sarang rayap untuk bertelur, meninggalkan lubang yang cukup besar.

Saksikan Juga

Seorang Kakek Tewas Disengat Lebah

TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu
loading...