TPS di Jateng Rawan Longsor, Banjir hingga Terdampak Gunung Meletus

Luncuran awan panas dari puncak Gunung Merapi terlihat dari Balerante, Klaten, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Sarnyata

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah di tiap kabupaten/kota guna membantu distribusi penyediaan perlengkapan kotak suara Pemilu 2019. Hal itu sebagai antisipasi banyaknya tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah rawan bencana.

BPBD Luwu Sebut 7 Orang Tewas, 2 Hilang, dan Ribuan Rumah Terdampak Banjir

Komisioner Divisi Perencanaan Logistik KPU Jateng, Ikhwanuddin, mengungkapkan bahwa terdapat puluhan tempat pemungutan suara (TPS) di wilayahnya yang berpotensi rawan banjir dan longsor.

"Kita sudah minta bantuan BPBD untuk ikut mengamankan penyaluran logistik untuk coblosan Pemilu. Sebab dari data terakhir hampir semua daerah dari Brebes sampai Rembang itu rawan kebanjiran saat hujan lebat dan banyak TPS yang ada di situ juga," kata Ikhwanuddin di Semarang, Selasa 5 Maret 2019.

Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, 14 Warga Meninggal Dunia

Untuk TPS rawan banjir, kata Ikhwan, berada di sepanjang jalur pantai utara Jawa Tengah: mulai Kabupaten Brebes, Batang, Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kendal, Semarang, Sayung Demak, Kudus hingga sebagian Jepara dan Rembang.

Sedangkan TPS yang berpotensi rawan bencana longsor kebanyakan di wilayah selatan Jateng, seperti Purbalingga, Wonosobo, Banjarnegara, dan Magelang. Juga TPS dengan kerawanan bencana alam di sekitar kaki Gunung Merapi, seperti Klaten, Boyolali, dan Magelang.

Longsor di Enrekang Putuskan Akses Transportasi Tiga Kabupaten, Menurut BPBD

"Bagi warga di sekitar Gunung Merapi, pihak Pemprov telah membuatkan jalur evakuasi darurat jika ketika coblosan berlangsung, terdapat titik-titik yang muncul tanah longsor maupun erupsi," lanjut Ikhwan.

Pemprov terus berkoordinasi dengan BPBD tiap kabupaten/kota. Para petugasnya juga diminta melapisi surat suara dengan plastik kedap air agar tidak gampang sobek, sekalian menyarankan kepada aparat kecamatan untuk membuatkan TPS yang berada di lokasi yang aman. (ren)

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Zulhas Respons Soal PKB-Nasdem Merapat ke Prabowo: Dulu Saya Dukung Katanya Pengkhianat

Zulhas meminta masyarakat untuk tidak baper hingga sakit hati menyikapi dinamika politik.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024