Perbaikan Jalur KRL Dikebut, Belum Jelas Kapan Jadwal Kereta Normal

Perbaikan jalur KRL pasca tergulingnya gerbong di perlintasan Kota Bogor.
Sumber :
  • Muhamad AR

VIVA – Perbaikan jalur kereta commuter line pasca tergulingnya gerbong di perlintasan Kebon Pedes, Kota Bogor, pada Minggu 10 Maret 2019, terus dilakukan. Ratusan personel teknisi kereta api dikerahkan untuk melakukan perbaikan, meliputi jaringan listrik aliran atas (LLA), tiang, dan rel.

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet

"Jalur Jakarta menuju Bogor secepatnya sekarang sedang perbaikan listrik aliran atas menggunakan alat perawatan dan tiang-tiang. Ada juga perbaikan di relnya agar perjalanan kereta api juga tidak ada gangguan lagi," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1, Edy Kuswoyo di lokasi, Senin, 11 Maret 2019.

Edi menambahkan, belum diketahui kapan jadwal perjalanan kereta akan normal kembali. Karena ini tergantung pada kondisi perbaikan dan tidak dapat diprediksi cepat.

PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

"Lambatnya tergantung kondisi seperti cuaca juga. Insha Allah siang ini bisa beroperasi normal dua arah, Jakarta maupun ke arah Bogor," kata Edi.

Perbaikan jalur KRL pasca tergulingnya gerbong di perlintasan Kota Bogor.

Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB

Saat ini, ada 200 personel yang dikerahkan untuk perbaikan LLA, rel, dan tiang yang rusak. Terkait dengan kejadian ini, PT KAI menyampaikan terima kasih atas keterlibatan sejumlah pihak selama proses evakuasi. Terutama warga sekitar yang telah dengan sigap melakukan pertolongan terhadap para penumpang yang menjadi korban.

"Keamanan seperti TNI-Polri, pemda, wali kota, semuanya. Warga RT RW yang sudah membantu evakuasi penumpang dan gerbong. Kami sangat berterima kasih," ujar Edi.

Dari informasi yang dikeluarkan PT KAI, pada pukul 04.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB, bila dalam kondisii normal ada 32 jadwal keberangkatan dan kedatangan di Stasiun Bogor. Namun, hari ini hanya 20 jadwal, sedangkan 12 jadwal lainnya di alihkan ke Stasiun Cilebut dan Bojonggede.

"Jadi pukul 05.05, jalur KRL menuju arah Jakarta sudah bisa dilalui. Kereta api pertama commuter line Jakarta Kota KA 0605, formasi 12 gerbong semua berjalan lancar, penumpangnya mulai normal. Kami memohon maaf kepada semua pengguna jasa angkutan kereta api Bogor yang terkena dampak kereta anjlok," katanya. (art)

Lihat video saat KRL anjlok pada video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya