Saksi Ahli Jelaskan Makna Idiot yang Disebut Ahmad Dhani

Saksi Ahli Jelaskan Makna Idiot yang Disebut Ahmad Dhani

Selasa, 12 Maret 2019 | 13:03 WIB
Idiot itu taraf IQ paling rendah.
 Sidang Ahmad Dhani di PN Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 12 Maret 2019.
Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Sidang Ahmad Dhani di PN Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 12 Maret 2019.

VIVA – Sidang perkara pencemaran nama baik dalam vlog berujar 'idiot', dengan terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo kembali digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa 12 Maret 2019. Agenda sidang mendengarkan keterangan saksi ahli. 

Satu saksi dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU), yakni ahli bahasa dari Universitas Negeri Surabaya, Andi Yulianto. Dia spesifik di bidang analisis wacana. Saksi juga diperlihatkan barang bukti vlog Ahmad Dhani yang di dalamnya terujar kata 'idiot' dan jadi perkara hukum itu. Saksi, kemudian menganalisis secara bahasa. 

Mula-mula jaksa bertanya soal kata transmisi dan distribusi. Saksi Andi menjelaskan bahwa transmisi adalah meneruskan, adapun distribusi menyebarkan kepada ruang atau orang secara luas. "Kalau dalam bahasa, yang ditransmisikan adalah pesan," kata Andi. 

Jaksa juga menanyakan arti kata 'idiot'. Saksi menjelaskan, kata 'idiot' adalah serapan dari bahasa Inggris. Kata 'idiot' mengacu pada tingkat IQ seseorang dan itu tingkat paling rendah dan itu biasanya dipakai di dalam dunia psikologi.